sasamboku

sasamboku

Pengangkatan Kepala Dusun Tak Boleh Langgar UU Desa


 

L.Aris Munandar
Lombok Tengah, (sasambonews). Pengangkatan Kepala Dusun dan perangkat desa lainnya harus tetap mengacu kepada undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Jika tidak maka pengangkatan perangkat desa itu tidak sah. Demikian dikatakan Kepala BPMD Kabupaten Lombok tengah L.Aris Munandar di lapangan Muhajirin Praya Jumat 26/9.

Menurutnya Undang Undang tentang desa sudah mengatur mekanisme dan teknis pengangkatan meski demikian diperlukan peraturan daerah mengenai teknis pengangkatannya. Dalam undang undang tersebut perangkat desa seperti Sekdes, Kaur, Kasi dan Kepala Dusun diangkat dan ditunjuk oleh kepala desa. Selain menunjuk dimungkinkan juga untuk dilakukan musyawarah.

Terkait dengan massalah umur yang dibatasi hingga maskimal 42 tahun, Aris mengatakan peryaratan itu sudah baku dan tidak boleh dilanggar hanya saja diakuinya sejauh ini mencari kepala dusun dibawah usia 42 tahun sangat sulit bahkan masyarakat cendrung memperthankan kadus yang lama karena ketokohannya dan kemampuannya mengatur masyarakat. “persoalan ini tidak hanya dijumpai di Lombok, di daerah lain juga dilematis karena satu sisi jarang yang mau jadi kepala dusun bagi yang muda sementara yang ada hanya yang tua tua” jelasnnya.

Untuk itulah pihaknya sendiri masih menunggu juklak juknis dari pusat terkait mekanisme pengangkatan aparatur desa itu. Am


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengangkatan Kepala Dusun Tak Boleh Langgar UU Desa"

Post a Comment