sasamboku

sasamboku

Pengadaan Container Sampah Dinilai Mubazir


LOMBOK TENGAH, sasambonews. com. 
Untuk mengatasi persoalan sampah rumah tangga, pada Tahun 2015 lalu Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Jai Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah (Loteng) mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 84 Juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) Batu Jai Tahun 2015.

Dana sebesar Rp. 84 Juta itu digunakan untuk pengadaan 4 unit Kontainer Sampah Tahun 2015.
Namun sampai dengan saat ini, Pemdes Batu Jai belum mengoperasikan atau memanfaatkan 4 unit Kontainer Sampah tersebut.

Saat ini 4 unit Kontainer sampah itu masih ditaruh di satu tempat di lahan kosong milik salah seorang warga desa setempat.” Itu kegiatan mubazir. Kegiatan pengadaan itu sengaja di buat – buat, yang tujuannya tidak lain untuk mendapatkan keuntungan lebih,” ucap Serun warga Desa Batu Jai Senin, (20/06/2016).

Menurut Serun, pengadaan Kontainer Sampah itu,  tidak diwaktu yang tepat,melihat masih banyaknya kebutuhan masyarakat, seperti kebutuhan Inprastruktur jalan, permodalan usaha dan pembinaan lainnya yang sifatnya membangun serta menumbuhkan perekonomian masyarakat.”Masalah sampah sudah ada yang tangani. Semestinya anggaran untuk pengadaan Kontainer sampah itu diperuntukkan untuk membangun jalan lingkungan, untuk permodalan usaha, dan untuk kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Ditempat Kepala Desa (Kades) Batujai  Paesal, S.Sos  membantah keras tudingan dari warganya tersebut yang mensebut pengadaan 4 unit Kontainer Sampai itu Mubazir dan sebagai ladang untuk mencari keuntungan pihak tertentu.” Pengadaan 4 Kontainer sampah itu untuk mengatasi persoalan sampah. Masalah sampah ini tidak bisa dianggap remeh, dan harus segera ditangani dengan serius,” bantahnya.

Belum difungsikannya 4 Kontainer sampah itu kata Paesal, dikarenakan adanya kesalahan pada kontruksi Kontainer. Dan saat ini kesalahan pada Konstruksi Kontainer tersebut telah selesai diperbaiki.” Setelah berkonsultasi dengan Dinas PU, ada yang kurang pada Kontainer itu, dan kekurangan itulah yang kita perbaiki, sekarang sudah selesai diperbaiki, tinggal kita buatkan pondasi rangka beton, supaya waktu ditarik Truk Pengangkut Sampah, Roda Kontainer itu bisa bermutar dengan baik,” tuturnya.

Untuk kelancaran pengoprasian 4 unit Kontainer itu, pihak Pemdes telah berkoordinasi dengan Dinas PU dan ESDM Loteng. Dan  4 unit Kontainer sampah itu akan di tempatkan di empat titik di sekitar kawasan peremapatan Bay Pas Lombok Internasional Airport (LIA) atau disekitar kawasan Masjid Batu Jai.”  4 Kontainer itu ditaruh di empat titik, yakni di sebelah utara, barat, timur dan selatan Perempatan Bay Pas LIA. setelah di operasikan, nanti akan diangkut Truk Sampah Dinas PU Loteng. Masalah pengangkutan sudah kami koordinasikan dengan Pak Kadis PU dan Kabid Cipta Karya,” ujarnya. |rul.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengadaan Container Sampah Dinilai Mubazir"

Post a Comment