sasamboku

sasamboku

Rapat Koordinasi Tim Pembina dan Pelaksana Teknis Program INOVASI di NTB

Mataram. sasambonews.com - Pertemuan Tim Pembina dan Pelaksana Teknis Program INOVASI di Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB pada Kamis (20/12). Kegiatan ini mengundang perwakilan Bappeda dan Dinas Pendidikan dari enam kabupaten dampingan INOVASI: Bima, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara.
Dalam kesempatan ini, Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosyadi Sayuti, M.Sc, Ph.D, yang memimpin pertemuan mengemukakan bahwa pengimplementasian program INOVASI perlu dilanjutkan tetapi perlu dipikirkan pola pengimplementasiannya ke depan. “Semua kepala daerah menyadari bahwa program INOVASI adalah sesuatu yang penting untuk dilanjutkan. Itu dulu entry point yang harus kita pegang, sebelum kemudian membicarakan keberlanjutannya ke depan”.

Rosyadi melanjutkan bahwa perlu juga dipertimbangkan sasaran INOVASI apakah cukup untuk di Sekolah Dasar atau bisa menyasar sekolah menengah. “Sasaran INOVASI adalah SD, sementara provinsi kewenangannya di SMA/SMK dan SLB. Adakah program seperti INOVASI untuk level SMA/SMK dan SLB.”
Dalam kesempatan ini hadir pula perwakilan guru pemenang Lomba Inovasi Pembelajaran 2018, lomba bagi guru SD se-NTB yang diselenggarakan oleh INOVASI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Kampung Media.
Ludya Mirsafa S.Pd. SD, Guru SDN 11 Taliwang, Sumbawa Barat, yang menjadi guru dampingan INOVASI membagikan pengalamannya dalam berinovasi menghadirkan media pembelajaran “tangkel ion” yang membantu siswanya untuk memahami bilangan bulat positif dan negatif.
“INOVASI memberikan jalan untuk menemukan media pembelajaran. Awalnya, saya tidak mengetahui arah untuk membuat suatu inovasi. Dengan hadirnya program INOVASI, saya belajar bahwa seharusnya membuat media itu bisa dengan konteks lokal dan barang-barang di sekitar kita. Tangkel ion itu adalah batok yang banyak di sekitar sekolah tempat saya mengajar. Setelah adanya tangkel ion dan saya aplikasikan dengan sebuah permainan, sekarang anak didik saya semangat belajar. Sebelumnya mereka hanya tidur atau diam,” tutur Ludya.  
Dalam kesempatan ini, Policy Manager INOVASI, Aos Hadiwijaya dalam sambutan mewakili Program Director INOVASI, menyampaikan komitmen pihak-pihak berkepentingan di NTB khususnya para pengambil kebijakan untuk memikirkan arah program INOVASI untuk tahun depan.
“Perlu diarahkan kemana pelaksanaan program INOVASI ini sesuai kerangka INOVASI dan kebutuhan provinsi. Untuk itu diperlukan kemitraan dan kerja sama. Kolaborasi di tangkat kabupaten sudah nampak tetapi perlu dipikirkan keberlanjutannya karena program INOVASI tahap pertama akan berakhir di akhir tahun 2019,” ujar Aos.

Pertemuan ini ditutup dengan kesimpulan bahwa pelaksanaan program INOVASI akan tetap melihat kebutuhan dan kondisi di setiap kabupaten dengan tetap mengutamakan kemitraan dengan pemerintah setempat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Rapat Koordinasi Tim Pembina dan Pelaksana Teknis Program INOVASI di NTB "

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    ReplyDelete