24 C
en

Dewan Minta Seluruh Pohon Sepanjang Jalan Ditebang, Perkim Pilah Pilih

Lombok Tengah, SN - Kasus kecelakaan tertimpa pohon di Kabupaten Lombok Tengah sudah kerap terjadi bahkan tidak sedikit yang tewas akibat pohon tumbang itu. Hal itu terjadi akibat sudah melapuknya batang pohon akibat termakan usia, tetapi tidak sedikit juga akibat ulah jahil masyarakat yang membakar batang atau menguliti batang pohon sehingga batang menjadi mati. "Yang menyedihkan masyarakat sendiri yang berbuat ulah bakar batang pohonnya dan juga dikuliti sehingga kayu menjadi mati sehingga berpotensi roboh sewaktu-waktu" ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lombok Tengah Ir. L.Rahadian usai mengikuti sidang paripurna DPRD Lombok Tengah Jumat 30/4.


Dalam sidang paripurna DPRD Lombok Tengah itu, ketua komisi II DPRD H.L.Kelan meminta kepada Pemda Loteng untuk menebang seluruh pohon yang ada dipinggir jalan karena berpotensi menimbulkan korban jiwa. "Sudah banyak yang menjadi korban akibat tertimpa pohon tumbang, kita minta semua pohon dipinggir jalan di tebang" ujarnya instrupsi.

Rahadian menegaskan apa yang diminta oleh anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah itu akan di tindak lanjuti namun penebangan pohon tidak dilakukan sembarangan sebab ada aturan atau undang-undang yang mengatur. "Kita pilah pilih mana yang kita tebang dan mana yang kita pangkas, terutama yang menjorok ke jalan atau pohon yang condong ke jalan yang sekiranya membahayakan" ungkapnya.

Selama ini diakuinya kewenangan penertiban pohon dijalan raya masih belum jelas. Ada beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov sehingga tidak dilakukan penebangan tetapi setelah terjadi musibah Pemprov justru mengatakan itu kewenangan Daerah. "Tak jelas siapa yang punya kewenangan, setelah kita konfirmasi ke Pemprov, malah kita yang punya kewenangan katanya, kalau memang demikian kita akan lakukan penertiban" ungkapnya.

Pantauan wartawan, ruas jalan yang paling menakutkan melintas saat angin dan hujan adalah ruas jalan Praya-Mantang. Sepanjang jalan dari Aik Mual menuju Mantang berjejer pohon pohon besar menjulang ke jalan raya, namun belum ada tanda-tanda akan ditebang atau dipangkas. Lth01




Kewenangan tidak jelas antara Pemprov dengan Pemda Loteng.

Dipilah pilah tak asal tebang sebab ada aturan atau undang-undang. Mana yang boleh ditebang mana yang harus dipangkas. 

Older Posts
Newer Posts

1 comment

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR WB....
    SALAM SILTURRAHIM DAN SALAM SUKSES....

    Anda Punya Masalah Dengan

    *Keuangan
    *Bisnis
    *Musuh
    *Asmarah
    *Karir
    *Uang Goib
    *Penglaris usaha
    *tf janin
    *Angka Togel
    *Penyakit dll...

    Insya Allah
    Disini Akan Memberikan
    Anda Solusi Di setiap
    Permasalahan Yang Di Hadapi.
    Info Lebih Jelasnya
    Silahkan Konsultasi
    Ke WA PAK H ABDUL IMRON
    whatsapp : 085258886953

    ReplyDelete
Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4