yg googlefc.controlledMessagingFunction Akhirnya, 15 Desa Pemekaran Dapat Kode Desa Definitif -->

Akhirnya, 15 Desa Pemekaran Dapat Kode Desa Definitif

Jakarta, SN - Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Kabupaten Lombok Tengah bisa bernafas lega, pasalnya usulan desa pemekaran ke Kementerian Dalam Negeri disetujui. Persetujuan itu ditandai dengan diberikannya kode Desa definitif. 

Selain Kabupaten Lombok Tengah, Satu Desa di Kabupaten Sumbawa juga mendapatkan Kode Desa definitif tersebut. Penerimaan Kode Desa definitif dilakukan Sekda Provinsi NTB H.L. Gita Aryadi di Jakarta.

Untuk Kabupaten Lombok Tengah sendiri ada 15 Desa yang diajukan diantaranya, Desa Lendang Tampel (Pemekaran dari Desa Beber Kecamatan Batu Kliang, Desa Dadap (Pemekaran dari desa Pengengat), Desa Kerame Jati (Pemekaran dari desa Pengembur), Desa Beleka Daye (pemekaran dari desa Beleka), Desa Beleka Lebe Sane (pemekaran dari desa Beleka), Desa Pengonak dan Desa Jero Puri (Pemekaran dari Desa Ganti), Desa Prako dan Desa Tibu Sisok (Pemekaran dari desa Loang Maka), Desa Janggawana dan Desa Lingkok Berenge (Pemekaran dari Desa Saba), Desa Berinding (Pemekaran dari Desa Kopang Rembiga), Desa Pajangan (Pemekaran dari desa Dasan Baru), Desa Lelong (Pemekaran dari desa Kelebuh) dan Desa Pandan Tinggang (Pemekaran dari Desa Batu Jangkih).


Sebelumnya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyerahkan kode desa untuk 16 desa di Provinsi NTB, Senin, (26/9/2022), di Jakarta.

Penyerahan kode desa dilaksanakan serentak pada 26 Kabupaten dari 9 Provinsi di Indonesia, yang akan diwakili langsung oleh 9 Gubernur dan 26 Bupati.
Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri RI Jakarta, diliputi dengan suasana penuh suka cita bagi Pemerintah Provinsi NTB dan khususnya bagi 15 Desa Definitif dari Kabupaten Lombok Tengah dan 1 Desa Definitif dari Kabupaten Sumbawa Barat.
“Ini merupakan kado terindah bagi Provinsi NTB dalam masa 4 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi. Penantian panjang masyarakat di 16 Desa Persiapan Provinsi NTB yang menggantung hampir 5 Tahun akhirnya mendapat titik terang setelah melalui perjuangan panjang”, ujar Subhan Hasan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB yang turut hadir dalam penyerahan Kode Wilayah Pemerintahan Desa oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa. Seperti dikutip dari laman resmi pemprov NTB.
Usulan pembentukan desa prakarsa dari Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Sumbawa Barat telah memenuhi prasyarat dari Permendagri 1 Tahun 2017 Tentang Penataan Desa. Dan sebanyak 15 Desa Persiapan dan 1 Desa Persiapan dari Kabupaten Sumbawa Barat, hari ini telah resmi menjadi desa definitif dengan keluarnya kode desa. Jkt01



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru
Sasambo News
Sasambo News Sasambonews.com, Alamat Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB

Posting Komentar

- Advertisment -
- Advertisment -