sasamboku

sasamboku

Kajari Kecewa Hasil Audit BPKP


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com. Hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTB, terhadap proyek rumah potong hewan (RPH) Barabali Kecamatan Batukliang Lombok Tengah, telah keluar.
Namun, hasilnya jauh dari harapan. Karena, hasil audit yang dikeluarkan BPKP jauh rendah dibandingkan hasil hitungan Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (PU dan ESDM) Lombok Tengah. “Hitungan BPKP hanya tercatat Rp 136 juta kerugian negara. Sedangkan PU dan ESDM tercatat Rp 164 juta kerugian negara. Hasil ini membuat kami merasa kecewa,” kesal Kepala Kejaksaan Negeri Praya, Feri Mupahir, SH. MH, Jum’at (2/9).

Sehingga, saat tim audit kasus RPH dari BPKP mengantar hasil auditnya itu, ia sempat diskusi dan berbincang kenapa hasil auditnya begitu rendah dibandingkan dengan hasil audit dari Dinas PU dan ESDM. Namun, ia malah dijawab oleh tim dari BPKP itu kata Fery, yang mereka tidak hitung dalam pengauditannya itu adalah soal pajak. Sehingga, itu yang membuat nilai kerugian lebih kecil dari hasil audit yang dilakukan oleh Dinas PU dan ESDM.

Selain itu, saat tim BPKP ditanya kenapa tidak menggunakan penghitungan total lolos saja yakni senilai pagu anggaran sebesar Rp 1,4 miliar. Karena dilihat bangunan itu hingga kini tidak ada azas manfaatnya. Tapi kata Fery, ia malah dijawab oleh tim dari BPKP itu, mereka tidak menggunakan penghitungan total lolos, karena bangunannya ada. “Tidak bisa disimpulkan seperti itu. Apalagi, alasannya karena ada bangunan. Tapi bila dilihat dari azas manfaatnya, tidak ada hingga kini. Malah bangunan itu sudah dua tahun mangkrak tidak digunakan,” katanya.

Oleh karena itu, kemungkinan ia akan menggunakan penghitungan total lolos dalam susunan dakwaan. Dalam dakwaanjuga, ia akan mengungkapkan fakta bahwa bangunan itu hingga kini tidak azas manfaatnya. “Tetap kita kedapankan menggunakan penghitungan total lolos dalam bunyi dakwaan. Selain mengacu pada hitungan BPKP senilai Rp 136 juta itu,” ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap majelis hakim bisa sependapat dengan penghitungan yang ia gunakan yakni total lolos dalam dakwaannya nanti. “Kalau itu disepakati majelis hakim, alhamdulillah,” ungkapnya.

Diketahui, Kejari Praya telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus ini. Yaitu Kabid Keswan Dinas Peternakan dan Kesehatan (Disnakeswan) Provinsi NTB, dr Erwin K (EK) yang bertindak selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Kemudian Konsultan Pengawas PT Eksakta, Lalu Kusnadi Wirahadi (LKW), Kontraktor CV Anggita MY dan satunya lagi LI. Keempatnya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat perintah (sprint) Kejari Praya No: 12/P.2.11/Fd.1/02/2016.

Kasus ini mulai digarap kejaksaan sejak bulan Januari 2015 setelah menemukan adanya kejanggalan, karena beberapa item proyek ini belum tuntas meski sudah PHO. Hal ini mengingat batas waktu pengerjaan proyek itu tuntas tanggal 16 Desember 2014, atau sepuluh bulan sejak dimulainya pekerjaan tanggal 3 Februari 2014. Proyek ini diduga di mark up dan menyimpang dari anggaran yang telah ditetapkan.

Kemudian dinaikkan status penyidikan ini, setelah ditemukan dugaan kerugian negara sebesar Rp 164 juta. Angka ini ditemukan berdasarkan hitungan awal tim penyidik kejaksaan bersama tim teknis Dinas PUESDM Lombok Tengah, dari pagu anggaran Rp 1,4 miliar. “Mudah-mudahan usai Lebaran Idul Adha, kasus ini sudah tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti),” tungkasnya. |dk



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kajari Kecewa Hasil Audit BPKP"

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa

    ReplyDelete