Forum Kadus, Pertanyakan Kinerja BPD


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com,- Forum Kepala Dusun (Kadus) Desa Lekor, Kecamatan
Janapria mempertanyakan kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Ketua Forum Kadus Lekor, Suratman mengatakan, keberadaan BPD Lekor selama ini tidak jelas.  Fungsi pengawasan yang dimiliki BPD sama sekali tidak digunakan. 

Berbagai persoalan desa, khususnya pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa  luput dari pengawasan BPD.  Contohnya pengerjaan proyek fisik yang sampai saat ini belum dipertanggungjawabkan oleh TPK dan bendahara desa. 

Dengan kewenangan yang dimilikinya, BPD seharusnya memanggil TPK dan bendahara desa untuk menanyakan pengelolaan anggaran pasca lengsernya Anwar Haris.  Dengan demikian, TPK dan bendahara desa bisa memberikan penjelasan mengenai besaran maupun sisa anggaran di masing-masing kegiatan yang dilaksanakan.  Namun yang terjadi, BPD terkesan tutup mata dengan berbagai issu negatif yang berkembang di masyarakat. "Sikap TPK dan bendahara yang tertutup membuat masyarakat curiga bahwa sebagian anggaran program fisik dan pengelolaan keuangan desa diselewengkan. Agar tidak membias, persoalan ini harus segera diklarifikasi," kata Suratman di rumahnya.

Pihaknya sendiri pernah memberikan masukan kepala BPD agar memanggil TPK dan bendahara desa, namun tidak direspon. Dalam hal ini, ia dan Kadus lainnya memberikan tenggang waktu seminggu kepada BPD untuk merespon permintaan tersebut. 

Jika tidak diindahkan, pihaknya akan melaporkan persoalan ini ke Bupati.  "Kalau BPD tidak mampu menjalankan tugasnya, lebih baik dibubarkan saja. Bila perlu pengawasan langsung dari pemerintah kabupaten," tegasnya. 

Lebih lanjut Suratman menjelaskan, tidak maksimalnya kinerja BPD selama ini karena sebagian besar anggotanya adalah produk lama, yakni pada kepemimpinan Anwar Haris. Untuk itu, perlu adanya penyegaran di tubuh BPD. Bagi anggota BPD yang tidak mau bekerja, diminta segera mengundurkan diri secara terhormat. "Sebenarnya tersangka utama dari segala persoalan di desa Lekor adalah BPD. Kalau pengawasannya baik, tidak mungkin Anwar Haris masuk bui. Intinya kalau tidak mau bekerja mundur saja,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua BPD Lekor, Ikiriadi sampai saat ini belum bisa dimintai keterangan. |wis 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Forum Kadus, Pertanyakan Kinerja BPD"

Post a Comment