KDM Diminta Aktif Antisipasi Gangguan Kamtibmas


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com,- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Lombok Tengah diminta terus aktif antisipasi gangguan Kamtibmas yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Mengingat potensi munculnya gesekan pasti selalu ada. Terlebih kondisi masyarakat Lombok Tengah yang heterogen dengan berbagai latar belakang yang berbeda. “FKDM harus mampu hadir di tengah-tengah masyarakat,  sebagai aktor yang terus menerus memberikan edukasi akan arti pentingnya kondusifitas wilayah,” ungkap Sekda Loteng, H Nursiah saat membuka rapat koordinasi dan pembinaan anggota FKDM di Pendopo Bupati Loteng.

Apalagi, keberadaan Kabupaten Lombok Tengah sebagai daerah tujuan pariwisata, menuntut semua untuk senantiasa menjaga citra Lombok Tengah yang nyaman dan kondusif. Terlebih lagi, bergulirnya roda kehidupan masyarakat, sangat tergantung dengan terciptanya suasana yang aman dan kondusif, jauh dari konflik dan maraknya kriminalitas. Untuk itu, FKDM memegang peran penting dalam menciptakan kondusifitas wilayah, yang dibutuhkan dalam rangka mempercepat pembangunan yang lebih baik.

Selain potensi konflik, penyalahgunaan narkoba dan kriminalitas, harus juga menyadari bahwa kita tinggal di wilayah yang rawan bencana alam. Seluruh warga masyarakat harus dipersiapkan untuk menyesuaikan diri dan dapat menyikapi keadaan tersebut dengan bijak. Berkenaan dengan hal tersebut, upaya untuk menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, merupakan salah satu usaha yang harus ditempuh dalam kerangka antisipasi. Dengan langkah itu, korban dan kerugian karena dampak bencana diharapkan dapat ditekan seminim mungkin.

Forum ini juga terang Nursiah, merupakan media untuk mendorong dan memotivasi peran aktif masyarakat untuk ikut mewaspadai berbagai hal, yang berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan masyarakat. Dengan kewaspadaan dini yang dimiliki oleh masyarakat, diharapkan masyarakat dapat mengenali dan mengetahui sejak dini, kemungkinan adanya faktor-faktor pemicu dan tanda-tanda terjadinya bencana dengan mengamati indikasi-indikasinya, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa saat ini sudah memasuki suasana proses pilkada. Dengan demikian, ia berharap pada masa-masa seperti ini, wilayah kabupaten Lombok Tengah tetap tercipta ketertiban dan ketentraman masyarakat. Untuk itu saya mengajak dan menghimbau semua pihak baik itu tim kampanye, para pimpinan partai, kader, masyarakat pemilih, jajaran aparat sipil, Kepolisian dan TNI untuk menjaga proses demokrasi ini dengan jujur, santun, tertib, dan demokratis.

Melalui forum ini pula kata Nursiah, FKDM dapat menginventarisir serta mengupdate, berbagai potensi ganguan dan ancaman yang dapat muncul di tengah-tengah masyarakat. “Intinya kita harus dapat tanggulangi dan diminimalisir sedini mungkin semua gesekan dan gangguan Kamtibmas yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, dengan kearifan lokal sebagai masyarakat gumi Tatas Tuhu Trasna,” tungkasnya. |dk



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KDM Diminta Aktif Antisipasi Gangguan Kamtibmas"

Post a Comment