Lomba Desa, Bual Dan Prapen Wakili Loteng


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com,- Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya dan Desa Bual, Kecamatan Kopang yang terpilih mewakili Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dalam ajang perlombaan Kelurahan dan Desa tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum’at (19/5) dilakukan penilaian oleh Tim dari Provinsi.  

Penilaian terlebih dahulu dilakukan di Kelurahan Prapen, kemudian dilanjut ke Desa Bual. Terlihat dalam penyambutan tim di Kantor Kelurahan Prapen, Sekda Loteng nampak hadir mewakili Bupati dan Wakil Bupati Loteng.


Bahkan, dalam sambutan, Sekda Loteng, H Nursiah berharap selain memberikan peniliaan yang objektif, kedatangan tim juga bisa memberikan motivasi bagi perangkat Desa dan Kelurahan untuk dapat berbuat yang lebih baik lagi bagi masyarakat dilayaninya.

Perlu diketahui juga lanjut mantan Asisten III Sekda Loteng itu, baik desa Bual maupun Kelurahan Prapen telah melalui proses penilaian yang objektif dalam lomba Desa dan Kelurahan dari tingkat Kecamatan hingga Kabupaten. Dengan begitu, Desa Bual dan Kelurahan Prapen merupakan Desa dan Kelurahan terbaik yang mewakili kabupaten Loteng ke tingkat Provinsi. “Tentu dengan harapan dapat lolos ke tingkat Nasional,” harapnya.

Namun, sejatinya tambah Nursiah, lomba Desa dan Kelurahan diadakan bukan semata untuk mencari pemenang, lebih jauh dari itu adalah sebagai momentum evaluasi atas jalannya pelayanan pemerintahan di Desa dan kelurahan. Tentu tidak melupakan konsep, hal-hal yang sudah baik agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan, dan kekurangan-kekurangan yang ada tentu untuk disempurnakan. “Intinya kami berharap tim dapat memberikan masukan-masukan konstruktif untuk perbaikan kedepan. Begitu pula tim bisa memberikan penilaian yang objektif,” tandasnya.

Sementara, Ketua Tim dari Provinsi, H Rusman, SH. MH mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dan kinerja pemerintahan desa/kelurahan dalam upaya mengetahui efektifitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa/kelurahan dalam pembangunan. “Intinya penilian ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Desa dan Kelurahan. Dengan begitu, di Desa dan kelurahan bisa terwujud masyarakat yang sejahtera, persatuan terjalin dan gotong royongnya terbangun,” ujarnya.

Kemudian, kata Rusmas, tim terdiri dari 32 orang, terdiri dari Kesbangpoldagri, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BP3KB, PKK, DPMD dan Pencatatan Sipil. “Apakah nanti kelurahan Prapen dan Desa Bual akan menjadi juara I, itu tergantung dari peniliaian tim,” tungkasnya.
|dk


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Desa, Bual Dan Prapen Wakili Loteng"

Post a Comment