Rasakan Sensasi Dingin Di Wisata Alam Aik Bone


Lombok Tengah, sasambonews.com.- Di Lombok Tengah ada puluhan bahkan ratusan tempat destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya wisata bahari (pantai) yang beradad I pesisir pantai selatan yang membentang 90 an kilo meter dari ujung timur Kelongkong hingga Nambung tetapi juga wisata alam. Berbicara wisata alam, maka cendrung kita melirik ke wilayah utara yakni kawasan yang  berada di kaki gunung Rinjani.

DI Kaki Gunung Rinjani ini terdapat belasan obyek wisata yang anda bisa kunjungi. Sebut saja Benang Kelambu, Benang Stokel, Taman Wisata Aik Bukak, Wisata Kebun Kopi Lantan, Air Terjun 9 dan macam macam nama obyek wisata.

Selain wisata alam, ada juga wisata budaya dan religi seperti Kampung Sade, Sukarara, Masjid Kuno, Wisata Peziarahan dan Wisata Budaya di Desa Budaya Karang Mas Mas. Di pusat Kota juga terdapat Ruang Terbuka Hijau yang dapat dimanfaatkan juga untuk wisata keluarga.

Dari Sekian banyak destinasi yang ada, Wisata Alam Aiq Bone merupakan salah satu destinasi wisata alam yang belum banyak dikenal masyarakat luas. Aiq Bone merupakan sebuah wisata keluarga yang berada di Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara. Tempat itu memang hanya dipenuhi oleh pohon pohon besar dengan diameter 100 cm dengan akar akarnya menukik ke tanah. Pohon Pohon besar tersebut selama ini dijadikan obyek wisata lokal dimana tidak hanya masyarakat desa Aik Bukak yang menikmati sensasi dingin Hutan tetapi juga dan juga masyarakat luar.

Areal lahan untuk rekreasi memang tidak terlalu luas, akan tetapi keberadaan pohon besar dapat dimanfaatkan warga untuk selfi ataupun berpose.

Pemerintah desa sendiri belum maksimal mengelola tempat yang selama ini air pohon tersebut dimanfaatkan oleh PDAM untuk mensuplai air bersih ke masyarakat itu meski demikian terdapat panggung panggung yang yang dipasang di batang pohon untuk dijadikan tempat bagi masyarakat berpose ataupun selfie. Diareal itu pula dibuatkan tempat duduk dilengkapi meja dari batang kayu bagi pengunjung yang  ingin menikmati makanan ringan.

Untuk minum dan makanan ringan, pengunjung tak perlu repot membawanya dari luar, karena ditempat itu terdapat lapak lapak pedagang yang siap melayani kebutuhan pengunjung.
Sensasi alam Hutan Aiq Bone dipagi hari sangat menyenangkan. Dingin, Sejuk dan udaranya bersih serta alami. Dibawahnya terdapat kolam kolam warga sehingga semakin menambah animo masyarakat untuk berkunjung. Hanya saja inprastruktur jalan menuju tempat tersebut belum memadai.

Kepala Desa AIk Bukak L.Gita mengatakan Aiq Bone selama ini tidak hanya digunakan untuk kegiatan wisata alam akan tetapi juga kerap digunakan untuk kegiatan sosial masyarakat seperti kemah bakti penghijuan dan juga kegiatan riset lainnya.

Selama ini kawasan itu dijadikan obyek wisata. Karena diminati oleh keluarga untuk berwisata maka pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa sebagai sumber pendapatan desa dan juga dikelola oleh PDAM karena air gunung dimanfaatkan untuk air bersih. Pemuda desa setempat sama halnya dengan Taman Wisata Aiq Bukak mengelola tempat itu dengan menerapkan parkir.

Diharapkan kedepan pemerintah daerah dapat menjadikan kawasan itu menjadi kawasan wisata yang bisa andalkan untuk mendongkrak PAD. Karena itu sarana dan prasarana harus dilengkapi termasuk akses jalannya. Amril



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rasakan Sensasi Dingin Di Wisata Alam Aik Bone"

Post a Comment