Warga Bongkar Paksa Proyek SPAM Provinsi


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Sasak menghentikan pengerjaan optimalisasi SPAM IKK Batunyala miliknya Provinsi. Karena diduga, pekerjaan yang berasal dari anggaran APBN dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,2miliar tidak sesuai dengan spek. “Boleh dicek,”kata anggota Laskar Sasak, Alwan ketika turun melakukan penstopan pengerjaan proyek tersebut, Senin (15/5) di desa Batunyala.

Padahal ucap Alwan, secara aturan seharusnya pipa tertanam sedalam 1,5 m. Tapi, itu tidak dilakukan. Malah dari hasil investigasi yang dilakukan bersama rekan-rekannya, hanya mereka menggali dengan kedalaman sampai 50 dan 60. Malah paling dalam mereka menggali sampai dengan diameter 80 cm. “Lantas, apa iya ini dinamakan pengerjaan yang benar,” tuturnya.

Untuk itu, ia meminta pihak kontraktor membongkar sejumlah titik yang disinyalir volume kedalamannya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam RAB. “Kalau tidak, kami akan tetap menghentikan pengerjaan itu. Sampai mereka mengerjakan proyek tersebut dengan benar,” ancamnya salah satu anggota Laskar Sasak juga, Ibrahim.

Sementara Kepala Desa Batunyala, Ir H Harianto mengaku pengerjaan proyek itu sedang dihentikan oleh oknum. Tapi siapa orangnya, ia belum tahu. “Nanti kita cari tahu siapa orang yang menghentikannya,” terang Harianto dikantornya.

Begitu pula, ia tidak tahu apa dasar dihentikannya. Bahkan, informasi terkait dengan penghentian pengerjaan itu baru dia tahu, ketika ada tim dari Dinas PU dan tim dari TP4D Kejaksaan Tinggi (kejati) Mataram melakukan monitoring dan evaluasi (monev) tadi siang.

Tapi, menurut informasi yang diserap, pihak kontraktor diminta untuk tetap melanjutkan pengerjaan besok pagi (hari ini red) oleh Dinas PU dan tim dari TP4D Kejaksaan Tinggi (kejati) Mataram. “Terhadap siapa orang yang menghetikannya, nanti kami cari tahu,” tungkasnya.
DIketahui, proyek optimalisasi SPAM IKK Batunyala dikerjakan oleh PT Muara Adhi Graha dan konsultannya CV Citra Dimensi, dengan nomor kontrak : IK.02.04/KONT/PPKII-PSPAM/01.1/2017. |dk



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Bongkar Paksa Proyek SPAM Provinsi"

Post a Comment