PPN Awang Diperluas Jadi 11 Ha


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Pemkab Lombok Tengah (Loteng), menyiapkan lahan seluas 20 ha untuk  pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Teluk Awang di Desa Mertak, Pujut. Namun, hingga sekarang yang sudah klir, baru 9 ha.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Loteng Muhamad Kamrin mengatakan, perluasan lahan ini dilakukan sebagai salah satu syarat PPN Teluk Awang menjadi pelabuhan perikanan samudra (PPS). Sehingga, Pemkab tinggal mencari 11 ha dar yang telah ada sebanyak 9 ha tersebut dari luas lahan yang harus disiapkan sebanyak 20 ha.  “Tahun ini kita akan mulai bergerak menyiapkan sisanya itu,” kata M Kamrin.

Tapi, secara geografis tambah Kamrin, lahan di PPN Teluk Awang masih luas, tidak perlu lagi direklamasi. Tinggal, menyesuaikan master plan pembangunannya, dengan kondisi lahan. Perluasan juga, tidak akan mengganggu pemukiman warga. Kecuali, sejumlah perbukitan dan pengunungan. Sehingga, jika diukur bisa melebihi 20 ha. “Pokoknya Pemkab sudah memiliki perencanaan kuat, untuk diajukan ke pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” terangnya.

Namun, selama dua tahun terakhir ini, tidak ada anggaran yang digelontorkan ke PPN Awang. Hal ini dikarenakan adanya moratorium. “Mudah-mudahan tahun depan kita bisa dapatkan anggaran, kalau moratorium ini dicabut. Dan bisa dijadikan prioritas oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara, walaupun tidak ada anggaran yang digelontorkan tahun ini. PPN Awang terus digunakan. Baik untuk transaksi bongkar muatan dan lain sebagainya. “Tapi alangkah baiknya bila semuanya lengkap. Artinya sudah bisa dijadikan pelabuhan perikanan samudra,” tandasnya. |dk


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PPN Awang Diperluas Jadi 11 Ha"

Post a Comment