Segera, Festival Begawe Jelo Nyesek Jilid II




Lombok Tengah, sasambonews.com- Festival Begawe Jelo Nyesek di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat akan kembali digelar. Bedanya yang melaksakan festival itu kali ini bukan dari masyarakat desa akan tetapi oleh pemda Lombok Tengah dengan melibatkan masyarakat dan aparatur pemerintah di desa.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Loteng H.L.Herdan dalam keterangan persnya mengatakan pagelaran festival begawe jelo nyesek yang diselenggarakan tahun 2016 lalu cukup sukses karena berhasil menggaet wisatawan baik lokal maupun mancanaegara. Melihat prospek promosi daerah cukup besar pada kegiatan itu, pemda Lombok Tengah merasa berkewajiban untuk ikut terlibat dalam kegiatan itu sehingga sekarang tidak hanya menjadi gawenya masyarakat tetapi juga menjadi gawe pemda Lombok Tengah. “Ini adalah wahana ataupun sarana promosi wisata yang sangat baik, pemda bersama masyarakat ingin membuat kegiatan ini lebih besar dan meriah lagi, karena itu pemda akan mengemasnya lebih baik bahkan sudah mengundang mentri Perdagangan dan Mentri Pariwisata, mudah mudahan bisa datang” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan ini adalah tahun ke dua pelaksanaan festival begawe Jelo Nyesek sehingga diharapkan akan lebih meriah lagi. Untuk lokasi berbeda dengan tahun sebelumnya yang berada di pusat desa. “Lokasinya sekarang kita geser ke Dusun Dasan Baru  Desa Sukarara, karena hampir semua warga di Desa Sukarara itu sebagai penenun, disamping agar promosi kerajinan ini lebih luas lagi” tegasnya.

Selain kegiatan Festival Begawe Jelo Nyesek, ada juga rangkaian kegiatan lainnya seperti presean yang mulai dilaksanakan mulai tanggal 19-25 Juli 2017. Selain itu Bazar Hasil Tenunan 26-27, Diskusi tentang sejarah Songket Sukarara sementara puncak acaranya tanggal 26 Juli 2017. “Ada peragaan busana dan wayang kulit juga” ungkapnya.

 Menurut rencana festival Begawe Jelo Nyesek itu akan dibanjiri peserta. Panitia menyiapkan peserta sekitar 1500 orang penenun dari seluruh dusun yang ada di desa tersebut. “Pelaksanaan Festival ini hanya melibatkan  warga Desa Sukarara saja sementara Desa lain belum dilibatkan, masalah mobilisasi, mereka akan datang sendiri termasuk membawa alat masing masing” jelasnya.
Tema dari kegiatan itu adalah Sukarara Pesta Menenun jelasnya. Am



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Segera, Festival Begawe Jelo Nyesek Jilid II"

Post a Comment