Jokowi Sumbang Sapi Qurban Buat Masyarakat NTB

 Mataram- Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi qurban jenis Simental untuk disembelih dan disumbangkan kepada masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.
      "Nantinya sapi ini akan diserahkan Gubernur kepada Sekda NTB selaku panitia qurban seusai salah Idul Adha," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB H Abdul Mukthi di Mataram, Kamis.
      
Ia mengatakan, sapi sumbangan Presiden Joko Widodo ini merupakan jenis sapi Simental dengan berat 960 kilogram. Sapi sumbangan Presiden Jokowi ini, di datangkan dari kelompok tani peternak di Kabupaten Lombok Timur dengan harga Rp61 juta.
     "Sapi dari presiden ini dibagikan untuk masyarakat kota Mataram dan Pulau Lombok," ujarnya.
      
Selain dari Presiden Jokowi, panitia qurban Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Mataram juga menerima sumbangan sapi dari Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi dengan berat 870 kilogram dan Wakil Gubernur H Muhammad Amin, termasuk Sekda NTB H Rosiadi H Sayuti. Jenis sapi yang diserahkan merupakan sapi Berangus. 
     
 Untuk sapi gubernur akan diserahkan ke pondok pesantren di Pancor Lombok Timur, sedangkan sapi dari Wagub diserahkan untuk masyarakat sekitar pendopo dan kota Mataram, sementara sapi dari Sekda NTB disumbangkan untuk masyarakat Kota Raja, Lombok Timur.
      
Sampai hari ini (Kamis, red), menurut Mukhti, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) NTB sudah menerima sumbangan sapi sebanyak 30 ekor dan kambing sebanyak 75 ekor. Sumbangan sapi dan kambing ini berasal dari masyarakat dan instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. 
      "Kita perkirakan jumlahnya akan terus bertambah sampai H-1 Idul Adha, karena belum semua instansi menyerahkan hewan qurban," terangnya.
     
 Untuk bisa mendapatkan daging qurban tersebut, kata Mukhti, pihak panitia telah menyiapkan 2 ribu kupon yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat, termasuk para fakir miskin dan anak yatim piatu. Bahkan, untuk ponpes, organisasi kepemudaan, panti asuhan difasilitasi mendapatkan hewan qurban berupa kambing.
      "Pemotongan hewan qurban sendiri akan dilakukan hari Sabtu dan Minggu," ucapnya.
      
Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lomnok Timur, Syamsuri Hamzan, mengatakan sapi sumbangan Presiden Jokowi berasal dari kelompok ternak Bareng Mele Desa Kelayu, Lombok Timur.
      "Tahun lalu sapi sumbangan Presiden Jokowi juga di beli dari Lombok Timur. Waktu itu sapi yang di pesan seberat 900 kilogram," katanya. 
      
       


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jokowi Sumbang Sapi Qurban Buat Masyarakat NTB"

Post a Comment