Paguyuban Kelas SMPN 1 Sukses Tingkatkan Prestasi Siswa

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com -Paguyuban kelas yang dilaksanakan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Praya sukses meningkatkan prestasi siswa.  Kepala SMPN 1 Praya, Majri, M.Pd, menjelaskan bahwa program tersebut sudah berjalan dua tahun. Dimana, program tersebut merupakan ajang diskusi antara para orangtua dengan guru yang diselenggarakan 3  bulan sekali.

Dalam pertemuan, para guru memberikan progres riport  anak satu per satu kepada para orangtua. Mulai dari penilaian  sikap, prestasi dan informasi lainnua. Setelah itu, orangtua diberikan kesempatan memberikan informasi keseharian anak-anak mereka selama di rumah, termasuk kendala yang dihadapi dalam mendidik anak-anak mereka. 

Para  orangtua juga diminta berkenalan satu sama lain agar lebih akrab dan bisa saling bertukar pikiran mengenai cara mendidik anak.
Selain itu, dalam program tersebut para orangtua diberikan materi penguatan karakter dan informasi seputar program sekolah oleh para guru. 
Lebih lanjut Majri menjelaskan, pada tahun pertama, paguyuban dilakukan hanya untuk kelas IX. Namun karena hasilnya sangat baik, paguyuban kini sudah diterapkan untuk seluruh kelas.

Salah satu dampak yang sangat dirasakan adalah meningkatnya semangat belajar anak atas dorongan dan moifasi dari orangtua dan guru saat berlangsungnya program. Kontrol orangtua yang maksimal, juga telah menekan angka kenakalan dan meningkatkan prestasi anak. Hal itu dibuktikan dengan hasil ujian yang terus membaik setiap tahunnya. Dengan mengamati perkembangan saat ini, pihaknya menargetkan angka kelulusan tahun ini bisa seratus persen. 
Begitu juga dalam berbagai lomba yang diadakan dua tahun terakhir, hasil yang diperoleh siswa/siswi SMPN 1 Praya semakin memuaskan. Beberapa diantaranya bahkan berhasil berbicara di tingkat provinsi. “Alhamdulillah sejak program ini dijalankan, prestasi siswa meningkat,” kata Majri di Praya, Sabtu (26/8).

Dengan berbagai capaian tersebut, pihaknya berharap program paguyuban kelas dapat terus dilaksanakan, demi mutu pendidikan yang lebih baik. |wis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Paguyuban Kelas SMPN 1 Sukses Tingkatkan Prestasi Siswa"

Post a Comment