Sari Goang, Pantai Berdinding Bukit, Berbentuk Telaga


Lombok Tengah, sasambonews.com- Lombok Tengah patut bersyukur dengan karunia Allah atas nikmat keindahan alam yang luar biasa dimiliki Kabupaten Lombok Tengah. Berbagai macam destinasi unik dan eksentris selama ini jarang tersentuh akibat kurangnya aktivitas traveler ataupoun hunting. Dari puluhan destinasi yang adai Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Sari Goang merupakan salah satu detinasi yang cukup indah dan menarik untuk dikunjungi. Letaknya di ujung timur Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut.

Mengunjungi Pantai yang berlatar bukit dan bebatuan bak perahu kecil itu, kita harus menyiapkan energi ektra untuk sampai di lokasi yang berjarak sekitar 2 kilo meter dari pelataran parkir Taman Wiasata Alam Gunung Tunak. Ada dua alternatif untuk dapat menjangkau daerah terluar dari Desa Mertak itu yakni menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki sekitar 1,5 jam.
Jika menggunakan sepeda motor maka anda harus berhati hati sebab jalur yang menajak dan bebatuan serta jalan setapak membuat perjalanan sedikit terganggu karena itu gunakanlah kendaraan kendaraan yang kuat dan jenis trail. Sedangkan jika berjalan kaki anda harus berjalan dijalan setapak yang berliku dan curam menyusuri tebing dan perbukitan.
Perjalanan melelahkan selama perjalanan seakan hilang sirna ketika melihat keindahan alam pantai Sari Goang yang masih alami.

Sari Goang sendiri adalah sebuah pantai berbentuk telaga yang dikelilingi oleh bukit bukit kecil yang sangat aman untuk mandi atau menyelam sebab arus tehalang oleh bukit bukit yang mengelilinginya. Tempat ini juga bagus untuk kegiatan perkemahan karena selain memiliki lokasi yang luas untuk perkemahan tetapi juga keamanan terjamin karena berada di wilayah TWA yang dijaga oleh polhut dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB.

Dari sari goang tersendiri kita bisa melihat perbatasan antara Lombok Tengah dengan Lombok Timur bahkan Pulau Sumbawa bisa kita lihat dari lokasi tersebut, karna pada malam hari lampu para nelayan yang berada di Lombok Timur maupun nelayan pesisir pantai Awang  sangat jelas terlihat.
Jarak perjalanan dari Praya menuju Pantai Sari Goang terbilang cukup jauh. Jarak tempu diperkiarakan 1 jam dari Praya hingga parkiran TWA Gunung Tunak atau diperkirakan sepanjang 50 kilo meter dari Praya-TWA Gunung Tunak. Sedangkan menggunakan sepeda motor dari Gunung Tunak sekitar 1 jam sementara berjalan kaki membutuhkan waktu 2 jam.

Dari Pusat Kota Praya, kita bisa mengambil dua jalur dengan rute yang berbeda beda. Rute Tengah dan Rute Timur. Rute Tengah melalui Praya menuju Kuta. Sampai di Bundaran Interconection Kuta, kita mengambil arah kiri menuju Awang. Namun sebelum sampai Awang anda akan menemukan pertigaan dengan Gapura Bumbangku menjadi pintu masuk menuju Gunung Tunak. Dari Pertigaan itu jarak perjalan sekitar 5 kilo sampai bibir pantai dan batas jalan aspal. Selanjutnya kita akan menyusuri jalan tanah bebatuan dan menanjak sekitar 5 kilometer lagi dan akhirnya sampailah kita di Parkiran Taman Wisata Alama yang dikenal dengan ribuan jenis satwa langka itu. Jp




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sari Goang, Pantai Berdinding Bukit, Berbentuk Telaga"

Post a Comment