Atasi Kekertingan, Fungsi Embung Ditingkatkan

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Kekeringan akibat musim kemarau tahun ini mulai diantisipasi Pemkab Lombok Tengah .Selain mendistribusian air ke sejumlah wilayah rawan kekeringan, antisipasi juga dilakukan dengan memaksimalkan fungsi embung. 

Wakil Bupati, Lalu Pathul Bahri mengatakan, 51 unit embung baru dan 26 unit pekerjaan rehab embung yang sudah ada terus dioptimalkan. Termasuk melakukan pemetakan lokasi tadah hujan dengan memanfaatkan sumur dangkal yang sudah terbangun selama ini.

Warga juga dibina untuk pemeliharaan waduk atau embung yang mengalami pendangkalan. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan melakukan pengerukan tanah  embung. Begitu juga dengan penyaluran mesin pompa air sebagai sarana pengairan dengan melakukan penyedotan air di sumber-sumber air terdekat.  Pemkab juga siaga untuk penyaluran air bersih melalui PDAM bagi yang membutuhkan. 

Kepala BPBD Lombok Tengah H Muhammad menambahkan, sejauh ini kekeringan yang melanda Lombok Tengah belum terlalu mengkhawatirkan. 

Untuk menyalurkan air bersih, BPBD sudah menyiapkan lima armada, namun hanya tiga yang akan beroperasi, sementara duanya lagi sebagai cadangan.

Disampaikanya, kekeringan yang melanda Lombok Tengah saat ini tidak separah tahun sebelumnya. Saat ini masyarakat yang meminta suplai air kepada pemerintah untuk kebutuhan sehari-hari juga sangat kurang. “ Kita selalu berkoordinasi dengan instansi terkait menyuplai ketersediaan air,” pungkasnya. |wis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Kekertingan, Fungsi Embung Ditingkatkan"

Post a Comment