DPRD Pertanyakan Konstribusi Pulau Moyo

Mataram - sasambonews.com-  Anggota Komisi II DPRD Nusa Tenggara Barat Raihan Anwar mempertanyakan
Raihan Anwar
kontribusi yang diperoleh daerah atas pengelolaan Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa oleh Amanwana Resort.
"Bila perlu Dinas Pariwisata bersama Komisi II DPRD NTB melakukan inspeksi mendadak ke Pulau Moyo," tegas Raihan Anwar di Mataram, Selasa.
     
 Ia menilai, selama ini pengelolaan Pulau Moyo oleh salah satu resort mewah tersebut seperti sangat tertutup terhadap akses informasi baik terkait retribusi, pajak restoran, air permukaan dan sebagainya.
       
Padahal, menurutnya, legislatif bersama pemerintah dan masyarakat berhak melakukan pengawasan terhadap pengelolaan di pulau tersebut sesuai dengan koridor dan aturan yang berlaku. "Selama di DPRD, saya tidak tahu, apakah keberadaan pulau itu sudah bisa memberikan kontribusi kepada daerah atau tidak," tuturnya
       
Ketua DPD Nasdem Kabupaten Bima, mengaku tidak mempersoalkan penjualan paket wisata ke Pulau Moyo, apakah kelas atas, ekslusif atau khusus. Karena hal tersebut menyangkut orientasi bisnis. Hanya saja, kata Raihan, harus ada pengawasan yang diberikan pengelola terhadap publik maupun pemerintah. "Kita tidak persoalkan, silahkan kalau klasifikasi bisnis seperti itu. Tetapi perlu di ingat tidak ada satupun bagian NKRI ini, yang boleh dikuasai secara utuh dan tidak memberikan kontribusi kepada daerah," ucap anggota Komisi II Bidang Ekonomi, Pariwisata, Pertanian, Peternakan, Perkebunan DPRD NTB tersebut.
      
Lebih lanjut, Raihan juga menyinggung perihal "Corporate Social Responsibilities (CSR)" dari pengelola terhadap warga sekitar pulau maupun luar pulau Moyo mulai penempatan tenaga kerja lokal maupun fasilitas yang diberikan. "Ini juga patut jadi pertanyaan apakah sudah maksimal. Harus jelas ada kontribusinya terhadap daerah," katanya.
       
Pulau Moyo terletak sekitar 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Keindahan alam Pulau Moyo bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Bahkan, Lady Diana pernah singgah dan menikmati keindahan pulau ini. Teranyar, pasangan selebritis Korea Selatan Rain dan Kim Tae Hee pun memilih Pulau Moyo sebagai lokasi bulan madu mereka. 01



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DPRD Pertanyakan Konstribusi Pulau Moyo"

Post a Comment