Tinggi Kematian Ibu Melahirkan Di Loteng

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Angka kematian terhadap ibu melahirkan di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) masih tergolong tinggi. Bahkan dari bulan JanUari hingga September saat ini setidaknya ada 12 kasus kematian ibu melahirkan.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H.Omdah mengatakan, salah satu penyebab dari banyaknya ibu melahirkan yang meninggal dunia akibat kehamilan muda atau nikah dini. “Karena kesiapan mental yang belum ada,”ungkap Omdah, Minggu.

Selain itu, ada berbagai permasalahan yang melanda ibu melahirkan, diantaranya keterlambatan ibu melahirkan tersebut dalam mengambil sikap, baik yang dilakukan oleh keluarga maupun ibu melahirkan itu sendiri
Omdah menyampaikan, rata- rata yang menjadi korban meninggal adalah ibu yang berusia dibawah usia 20 tahun. Diusia tersebut, selain kurangnya kesadaran tentang perilaku sehat, namun disatu sisi. Ibu melahirkan diusia tersebut masih belum siap secara pisikologis juga. “Jangan sampai hamil sebelum 20 tahun, sehingga merujuk orang hamil seperti apa dan dimana, mereka tidak tau dan saya memandang jika banyaknya kasus tersebut tidak terlepas dari adanya keterlambatan dalam mengambil keputusan tentang perilaku hidup sehat tersebut,”tambahnya.

Selain itu, factor minimnya alat teransportasi membuat banyaknya kasus tersebut masih saja terjajdi. Karena, biasanya yang mengalami kejadian tersebut adalah para warga yang berada di Plosok Desa, dimana transportasi untuk menjangkau lokasi dirasa masih sangat sulit.

Omdah juga mengakui, saat ini Pelayanan dari segi kualitas dan kuantitas dirasa masih sangat kurang, sehingga pihaknya terus berupaya untuk melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dengan terus melakukan edukasi tentang betapa pentingnya menjaga hidup sehat, terutama pada ibu melahirkan, sebagai salah satu upaya untuk menekan terjadinya kematian ibu melahirkan tersebut. Kedepan ia berharap, kasus tersebut bisa menjadi tanggungjawab semua element masyarakat.|wis



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tinggi Kematian Ibu Melahirkan Di Loteng"

Post a Comment