TNI Berperan Besar Tingkatkan Pangan

Mataram- sasambonews.com - Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak menegaskan TNI siap mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan nasional, salah satunya mengawal peningkatan produksi pangan di Nusa Tenggara Barat.
     "Aparat TNI secara konsisten mengambil peran maksimal untuk ikut mengawal proses peningkatan produksi pertanian," kata Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak pada acara Panen Raya Padi di Desa Badrain, Narmada, Lombok Barat, NTB, Kamis.
      
Bahkan, kata Pangdam IX/Udayana, ke depan TNI akan terus memaksimalkan perannya di bidang kedaulatan pangan.
      "Panglima perang ke depan adalah panglima kedaulatan pangan," tegasnya.
     
 Menurut Pangdam, menjaga peningkatan produksi pangan untuk mewujudkan kadaulatan pangan, tidaklah terlalu sulit bagi Indonesia.
      "Itu tidak susah bagi Indonesia, karena kita adalah negara agraria," ujarnya. 
     
Terlebih lagi, dengan kemajuan teknologi dan SDM, petani Indonesia bisa menemukan bibit padi unggul yang kuat bertahan dalam kondisi apapun. Bahkan, bibit asal Indonesia pernah diuji coba di negara Brunei Darussalam yang kondisi tanahnya memiliki derajat keasaman tinggi, bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan 12 ton per hektar.
     "Dibanding bibit dari negara lain tidak produktif, bahkan tidak bisa bertahan pada tanah seperti itu," katanya.
     
Sementara itu, Wakil Gubernur NTB H Muhmad Amin, mengapresiasi pemerintah pusat dan jajaran TNI yang sangat konsisten dalam mendukung kebijakan peningkatan produksi pertanian di NTB. 
       
Amin menegaskan sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan di Provinsi NTB. Sektor ini adalah sektor utama penggerak perekonomian daerah bersama dengan sektor pariwisata. 
      "Jadi, sektor pertanian bukan hanya berperan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, tetapi juga menjadi salah satu faktor dalam usaha mengentaskan kemiskinan," tegas Amin.
      
Wagub mengatakan dari 34 provinsi salah satu sentra pendukung kedaulatan pangan di Indonesia adalah Provinsi NTB. Selain padi, NTB juga dikenal sebagai daerah produsen jagung. 
     
 Hal ini dibuktikan selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan produksi kedua komoditas unggulan NTB ini terbilang sangat menggembirakan. 
     
 Selain panen raya, Wagub beserta Pangdam IX/Udayana menyerahkan alat penyemprot dan baju lapangan petani, serta menyerahkan penghargaan dari PT Talitha Cahaya Riau Utami kepada Korem 162/Wira Bhakti atas kerjasamanya dalam peningkatan produktivitas tanaman padi di Kabupaten Lombok Barat. 01


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI Berperan Besar Tingkatkan Pangan "

Post a Comment