Kades dan BPD Harus Kompak

Suhaili
LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Bupati Lombok Tengah, HM.Suhaili FT, MM, mengimbau para kepala desa agar menjaga keharmonisan dengan perangkat desa yang lain, khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kerjasama yang baik antara kepala desa dengan BPD, dinilai sangat penting dalam menjaga stabilitas pemerintahan. Termasuk dalam pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).  Tanpa adanya pengawalan dan persetujuan dari BPD, segala kegiatan yang direncanakan, tidak akan terlaksana dengan baik.

Kalaupun ada kritik dari BPD, kepala desa diminta tidak perlu risih ataupun menganggapnya sebagai satu perlawanan dari BPD. Semua itu harus dimaknai sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap perkembangan desa. “ Wajar kalau BPD mengkritik kepala desa, karena tugasnya kan mengawasi. Jadi saya harap kepala desa tidak alergi dengan kritikan BPD,” kata Bupati di Praya, Kamis.

Begitu juga dengan BPD, diminta tidak sekedar mengkritisi. Jika ada kebijakan kepala desa yang dianggap menyimpang dari aturan, BPD wajib memberikan teguran dengan mengedepankan musyawarah mufakat. Tidak kemudian langsung membawa permasalahan desa ke ranah hukum.   “Intinya kepala desa dan BPD harus kompak dan memahami satu sama lain,” pungkasnya. |wis



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades dan BPD Harus Kompak"

Post a Comment