Tekan Kejahatan, BKD Kelebuh Giatkan Ronda Malam

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - 
Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah, terus membaik. Semua itu tidak lepas dari kerjakeras Badan Keamanan Desa (BKD) yang tanpa lelah menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Setiap malam, 19 anggota BKD dibantu Bhabinkamtibmas, kepala dusun (Kadus) rutin melakukan patroli, mengontrol aktifitas ronda malam yang dilakukan masyarakat.
Salah satunya dengan menyambangi pos ronda di masing-masing kekadusan. Namun jika ada warga yang tidak melaksanakan ronda malam sesuai jadwal yang telah ditentukan tidak langsung ditingdak, melainkan diberikan peringatan. Jika tetap membandel, warga yang bersangkutan akan dipanggil langsung oleh kepala desa.

Pembinaan yang dilakukan tetap mengedepankan pendekatan kekeluargaan. Jika peringatan tetap tidak diindahkan, kepala desa akan langsung turun ke pos dan mengganti sendiri jadwal ronda yang bersangkutan. “ Kalau pak kades sudah turun langsung, warga yang malas biasanya malu sendiri,” tutur para anggota BKD di kantor desa, Selasa kemarin. 

Sebagai ujung tombak keamanan, BKD Kelebuh mendapat perhatian lebih dari pemerintah desa. Walaupun belum memiliki insentif, kebutuhan BKD selama bertugas seperti konsumsi, rokok dan lainnya tidak boleh selalu dijaga ketersediaannya.

Kepala Desa Kelebuh, Mukhsin mengatakan, kebutuhan operasional BKD juga berasal dari warga yang ikhlas menyumbangkan makanan bagi BKD selama bertugas secara bergiliran.
Agar maksimal dalam melakukan pengamanan, anggota BKD di desanya sudah dilengkapi dengan alat komunikasi yakni handy talki (HT).

Melalui HT, 30 anggota BKD dan Kadus memonitor setiap perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Jika ada persoalan, BKD akan melaporkannya kepada dirinya. Laporan yang diterima akan ditembuskan ke Bhabinkamtibmas, guna diambil langkah penyelesaian.

Tidak itu saja, lanjut Mukhsin, HT juga digunakan untuk melakukan koordinasi dalam kegiatan nyongkolan. Hal itu bertujuan meminimalisir perkelahian yang sering terjadi dalam kegiatan nyongkolan. “ Alhamdulillah setelah adanya HT, kegiatan nyongkolan lebih tertib,” kata Mukhsin.

Sebagaimana arahan bupati lanjut Mukhsin, kinerja dan perhatian terhadap BKD akan terus ditingkatkan. Kedepan, pihaknya akan mengupayakan BKD bisa memperoleh insentif bulanan, serta memiliki mobil patrol khusus. “Memang untuk membeli mobil operasional membutuhkan dana besar. Tapi mengingat manfaatnya yang sangat besar, hal ini akan kita upayakan bisa terealisasi tahun depan,” harapnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh anggota BKD, Kadus dan warga tetap semangat dalam menjaga keamanan, demi suksesnya pembangunan di Desa Kelebuh. |wis



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tekan Kejahatan, BKD Kelebuh Giatkan Ronda Malam"

Post a Comment