Jiho Hidro Park Desa Beber, Terapkan Teknik Tanam Sayur Non Tanah Pertama Di Loteng

Lombok Tengah, sasambonews.com- Bercocok tanam dengan menggunakan media tanah, tentu sudah biasa terdengar, namun teknik bercocok tanam menggunakan media non tanah seperti media air, tentu cukup asing terdengar.  Nah, di Lombok Tengah sendiri sistim tanam model ini sudah mulai diterapkan. Adalah Kelompok usaha tani Jiho Hidro Park Dusun Mertak Kesambik Lauq Desa Beber kecamatan Batukliang Lombok Tengah yang pertama kali menerapkannya di Kabupaten Lombok Tengah.

Kelompok jiho hidro park sendiri terbentuk  awal tahun 2017 lalu, namun baru satu bulan lamanya kelompok yang diketuai M. Anwar itu mulai menanam sayu sayuran berbagai jenis.
Tanaman hidroponik adalah tanaman yang media tanamnya bukan berupa tanah. Teknik menanam yang satu ini biasanya menggunakan media tanam air, namun air yang digunakan adalah air sumur bukan air PAM sebab mengandung kaporit atau tawas yang mengganggu sistim pencernaan pada tumbuhan.
Ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh subur dengan menggunakan teknik menanam ini, sebaliknya ada pula tanaman yang tidak dapat tumbuh dengan teknik hidroponik ini.
Namun secara garis besar, penanaman secara hidroponik ini, mampu menghasilkan tanaman yang sehat. Pasalnya, tanaman hidroponik tidak memerlukan herbisida ataupun pestisida yang beracun.
Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan banyak air, tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang ditanam pada media tanah.
Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang ditanam dengan hidroponik lebih sehat serta aman untuk dikonsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik. Namun sebenarnya sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman tanaman yang satu ini.
Perkembangan metode penanaman yang satu ini memang tidak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pasalnya, beberapa orang merasa ragu untuk menerapkannya karena khawatir mengenai kuantitas hasil panennya. Namun sebenarnya hasil panen dari teknik menanam hidroponik memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.
Teknik menanam hidroponik tidak dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman. Hanya beberapa saja yang cocok dan mampu tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan.
Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Begitu juga untuk anda yang memiliki lahan kurang subur, penanaman menggunakan teknik hidroponik dapat membantu mendapatkan hasil panen memuaskan. Anda dapat menerapkan penanaman dengan teknik hidroponik dari hobi, jika sudah berhasil maka anda dapat menjadikannya sebagai bisnis menguntungkan.
Ditempat ini terdapat 14 jenis sayuran yang dibudidayakan, mulai dari kangkung, kale, kaila, seledri, selada baterhit, selada oklip, selada lolobionda merah dan selada lolobionda hijau. Ada pula sayuran jenis sawi bunga, samhong, bayam merah, bayam hijau, bunga perancis, viola dan sayuran jenis kosmos.
Pemeliharaan tanaman dengan menggunakan hidroponik tidaklah terlalu rumit. Cukup menjaga suhu dalam penangkaran, sirkulasi air yang berkesinambungan selama 24 jam tanpa henti dan memberikan nutrisi untuk sayuran yang dicampur dalam air tentunya sesuai dengan takaran “Suhu berkisar antara 27 hingga 30 Derajat Celcius, dibawah atau di atas takaran suhu itu, pertumbuhan akan terganggu meskipun tetap tumbuh, karena itu kita harus jaga” kata Kepala Dusun Mertak Kesambik Lauk Desa beber Kecamatan Batukliang.
Menurutnya, sistim jaga dilakukan secara bergiliran antara satu kelompok dengan anggota kelompok lainnya selama 24 jam sebab sirkulasi air harus tetap mengalir tanpa henti, jika tidak maka pertumbuhan sayuran tidak normal. “kalau airnya macet karena listrik mati, maka harus disiram secara manual” ungkapnya.
Usia rata rata dari tanaman itu maksimal 40-45 hari setelah itu langsung dipanen. 
Sejauh ini kelompok ini sudah mampu menghasilkan keuntungan jutaan rupiah dalam waktu sebulan. Bahkan sudah mampu berkontribusi untuk masyarakat sekitar dan juga masyarakat diluar dusun Mertak kesambik Lauk itu. “pada saat panen raya beberapa waktu lalu, hasil panen raya kita bagi bagikan ke masyarakat kita, bahkan diluar dusun ini juga dapat” ungkapnya.
Lalu bagaimana dengan pemasarannya ?. Masalah pemasaran, tak perlu susah susah sebab terkadang pembeli datang sendiri ke penangkaran. Ada pula yang dijual di taman taman wisata, mall ataupun ritel modern lainnya.

Nah tertarik, tidak ada salahnya jika anda mencoba menanam tanaman dengan teknik atau metode penanaman hidroponik. Amril


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jiho Hidro Park Desa Beber, Terapkan Teknik Tanam Sayur Non Tanah Pertama Di Loteng"

Post a Comment