sasamboku

sasamboku

Dispora Loteng Salurkan Alat Gendang Beleq ke Yogyakarta



LOMBOK TENGAH, sasambonews.c0m- Pembinaan kelompok Kesenian Gendang Beleq terus ditingkatkan. Tidak hanya di Lombok Tengah, kelompok kesenian gendang beleq yang berada di luar daerah, juga mendapat perhatian yang sama. Beberapa hari lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Tengah menyalurkan bantuan sepertangkat alat kesenian gendang belek untuk mahasiswa Lombok Tengah yang berada di Provinsi Yogyakarta.

Ditemui di Praya, Jumat kemarin, Kabid Kepemudaan, H.Syamsudin mengatakan, peralatan musik tersebut akan digunakan untuk keperluan pentas gendang beleq di Yogyakarta. Karena selama ini, kelompok kesenian gendang beleq mahasiswa Lombok Tengah kerap diminta untuk mempertunjukkan kesenian Lombok oleh pemerintah daerah setempat. Bahkan para mahasiswa asal Lombok Tengah pernah diundang untuk mementaskan kesenian Lombok di lingkungan Keraton Yogyakarta.

Dikatakan H.Syamsudin, kesenian gendang beleq mahasiswa Lombok Tengah di Yogyakarta sudah terbentuk sejak lama. Saat ini, kelompok kesenian mahasiswa Lombok Tengah sudah memiliki secretariat dan sanggar seni sendiri. Hanya saja, untuk keperluan latihan dan pentas, masih dipinjam dari kelompok kesenian mahasiswa Kabupaten Lombok Utara (KLU). Bahkan mereka seringkali berlatih gamelan yang notabene bukan merupakan kesenian khas Lombok.  
Sampai akhirnya, mahasiswa asal Lombok Tengah di Yogyakarta mengajukan proposal permohonan bantuan alat music dan langsung dianggarkan pada APBD perubahan 2017.

Menurutnya, keberadaan kesenian gendang beleq di Yogyakarta tersebut sangat baik, terutama dalam mempromosikan kesenian Lombok. Hal tersebut tentunya sejalan dengan tujuan Pemkab Lombok Tengah yang saat ini tengah gencar mempromosikan pariwisata. “Kami berharap ini semua bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya. |wis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dispora Loteng Salurkan Alat Gendang Beleq ke Yogyakarta"

Post a Comment