sasamboku

sasamboku

Petani Nilai Dam Mujur Solusi Kejayaan Petani

Lombok Tengah, sasambonews.com- Keberadaan Dam Mujur tidak hanya menjadi emas bagi petani wilayah selatan akan tetapi juga akan dapat menjadi wahana bagi masyarakat untuk menjdikannya sebagai obyek wisata. bayangkan saja sekitar 5.888 hektar lahan pertanian wilayah selatan akan terairi oleh Dam Mujur.

 Amaq Combet ketua P3A di kec Praya Timur mengàtakan bahwa wilayah selatan Loteng selama ini dikenal daerah kering,untuk itu diharapkan dengan adanya Dàm Mujur akan dapat membantu merubah wilayah selatan dari daerah kering menjadi daerah yang subur. "kalau Dam Mujur terbangun maka kesejahtraan poetani wilayah selatan meningkat, masa jaya petani akan terwujud jika Dam itu jadi dibangun" ungkapnya.

 Muhammad Taher menambahkan, rencana pembangunan Dàm Mujur akan direalisasi terakhir saat era Presiden Soehàrto namun karena situasi politik/reformasi,rencana tersebut gagal dan dilanjutkan oleh presiden berikutnya namun belum berhasil. Diera Presiden Jokowi, pihaknya mendapat informasi jika Presiden melalui menteri PU sudah menyatakan siap untuk membangun namun kenyataannya justru pemda lebih fokus kepada pembangunan inprastruktur dan sarana lainnya.

Korlap Murdali  mengatakan pemkab Loteng justru mampu untuk membangun kantor baru Bupati yang anggaranya mencapai Rp.217 milyar, sementara untuk mewujudkan pembangunan dam Mujur tidak mampu sejak tahun 1969 sampai sekarang. Jika pemerintah pusat sudah menyatakan kesiapanya membangun dam Mujur, pihaknya bersama warga siap untuk ke Jakarta mempertanyakan komitmen Pusat.

Murdali membantah jika masyarakat menolak untuk ddibangunkan Dam Mujur namun mereka mempertanyakan kelanjutan nasibnya setelah Dam dibangun. "Masyarakat bukanya menolak pembangunan Dam mujur namun hanya ingin tahu kemana mereka akan direlokasi serta berapa harga ganti rugi tanah dan bangunan rumah warga yang terdampak" tegasnya. Gs





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petani Nilai Dam Mujur Solusi Kejayaan Petani"

Post a Comment