sasamboku

sasamboku

Dirjen : Buat KTP, Cukup Bawa KK Saja dan Gratis


Lombok Tengah, sasambonews.com- Pemilihan Gubernur tinggal beberapa hari lagi namun belum seluruhnya warga memiliki KTP elektronik, untuk itu Direktur Jendral Dukcapil Kemendagri Prof. DR. Zuman Arif Fakrulloh menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP sebab tanpa ada KTP tidak akan bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada mendatang termasuk juga pada Pileg dan Pilpres nanti. “Saya mengajak kepada masyarakat untuk ayo datang ke Kantor Dukcapil untuk melakukan perekaman kalau mau memilih pemimpinnya pada pilgub nanti” ungkapnya.
Dirjen Saat meninjau peralatan Perekaman

Zuman mengakui untuk mewujudkan 98 % penduduk memiliki KTP, pihaknya sudah memangkas habis birokrasi yang dianggap memberatkan dan mempersulit perekaman KTP sehingga untuk melakukan perekaman cukup mudah dan gratis seperti hanya membawa KK saja. “Kita sudah potong jalur jalur yang penuh birokrasi itu, tidak ada lagi bawa surat dari RW, RT, cukup bawa diri dan bawa poto copy KK saja dan tepenting adalah gratis” ungkapnya.  

Selain itu jika masyarakat ingin membuat akta kelahiran, tidak perlu ribet dengan membawa surat keterangan dari manapun kecuali surat keterangan dari bidan atau dokter itu saja sehingga masyarakat tidak akan dipersulit dengan segala persyaratan itu. Direa moderen ini pemerintah tidak ingin kembali ke masa lalu dimana birokrasi begitu ketat namun sekarang semua sudah ditinggalkan. Karena itu proses dipermudah dan diringankan.

Dirjen Dukcapil selama ini menerapkan 2 B yakni Bisa dan Berkarya. Dalam bekerja Dukcapil harus menjaga marwah dan wibawanya karena itu Kemendagri membangun dalam budaya kerja yang sama dan tolok ukur kerja yang sama serta standar kerja yang sama. “Yang namanya Dukcapil itu harus mengedepankan filosofi dimana kita berpijak disitu langit dijunjung, dimana kita berkerja disitu wibawa harus ditegakkan dengan 2 B itu” jelasnya.

Pemangkasan birokrasi yang berbelit belit dan menjelimet itu dilakukan menurut Zuman karena data base Kependudukan mulai membaik. Semua data base warga sudah tersimpan dalam server sehingga bisa dibuka kapanpun dan dimanapun oleh warga masyarakat. Am   





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dirjen : Buat KTP, Cukup Bawa KK Saja dan Gratis"

Post a Comment