sasamboku

sasamboku

Pasar Pancingan Bilebante, Wisata Alam Dan Kuliner


Lombok Tengah, sasambonews.com- Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu desa dari 139 desa dan Keluarahan di Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini berada di ujung barat Lombok Tengah dan berbatasan langsung dengan desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.

Bila dilihat dari topoksi geografisnya, Desa Bile Bante merupakan desa yang subur dan makmur, Air mengalir tiada henti meskipun musim kemarau sekalipun, makanya pertanian menjadi andalan pokok bagi masyarakat di desa ini. 

Petani desa Bilebante bercocok tanam tiga kali dalam satu musim, yakni musim tanam pertama, kedua dan terakhir palawija. Dengan potensi air yang melimpah maka pengembangan desa menjadi desa wisata sangat berpotensi besar. Sebab keberadaan air yang mengalir sangat mendukung untuk pengembangan destinasi.

Nah salah satu destinasi yang baru dikembangkan oleh Desa Bilebante adalah Pasar Pancingan. Dikatakan pasar pancingan karena ditempat ini pengelola menyuguhkan berbagai menu masakan kuliner berbagai rasa sesuai dengan selera pembeli. Selain para pedagang berjualan di lapak lapak, ditempat itu pula ada kolam yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk memancing. Hasil pancingan bisa dinikmati langsung ditempat itu dengan membakarnya ataupun bisa dibawa pulang untuk oleh oleh di rumah.

Pasar Pancingan Bilebante sepertinya cocok direkomendasikan untuk wisata keluarga karena selain pasar pancingan, anda juga bisa menikmati panorama alam Desa Bilebante menakjubkan disepanjang jalur soft tracking. Jalur soft traking ini sepanjang kurang lebih 2 kilo meter melintasi areal persawahan. Jika tidak kuar berjalan kita bisa menikmati keindahan alam dengan hamparan sawah dengan menggunakan sepeda. Setelah capek sedikit berjalan kaki ataupun bersepeda menyusuri jalan rabat beton dan jalan tanah menyusuri persawahan rakyat, kita bisa rehat sejenak di pasar pancingan sembali menikmati sejuknya udara dengan pepohonan rindang yang menaungi tempat itu. Ada berbagai macam menu masakan dan minum yang bisa dinikmati untuk menghilangkan rasa haus dan lapar setelah berjalan jalan tadi namun sebelum menikmati enaknya makanan dan minum didalam pasar, kita harus membeli kartu kepeng sesuai dengan kelipatan atau jumlah kepeng kartu yang mau dibeli. Setiap kartu bernilai Rp.2500 (2,5) dan jika ingin makan makanan enak tentu tidak cukup dengan satu kartu maka harus membeli minimal 4 kartu atau Rp.10.000.
Yang menarik, wisata pasar Pancingan dibuka sekali seminggu yakni hari minggu. Selain itu tidak dibuka untuk pengunjung.

Rizky Fadli salah seorang pengelola mengatakan sistim pengelolaan dengan mengenakan 15 % dari hasil penjualan. Hasil bersih15 %  yang diterima oleh pengelola dibagi lagi untuk saving, maintanen, hiburan dan biaya operasional petugas yang berkerja setiap minggunya.

Pemotongan 15 % dari hasil penjualan pedagang sudah dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pedagang seluruhnya dan pedang setuju.  Pemotongan yang dilakukan pengelola tidak mengganggu hasil penjualan pedagang itu sendiri. Murah meriah kan ?. 

Ditempat itu ada berbagai menu makanan yang dijual diantaranya, bakso rumput laut, es campur,es cendol, Nasi Lindung, Nasi Sat, Nasi Tum, Nasi Basah dan berbagai jenis makanan lainnya. Tertarik, silahkan mencoba aneka menu makanan yang tersedia ditempat itu, anda dijamin puas dan nikmat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasar Pancingan Bilebante, Wisata Alam Dan Kuliner"

Post a Comment