sasamboku

sasamboku

WS 3 Guru BAIK, Ajarkan Guru Buat Skenario Pembelajaran Yang Baik

Lombok Tengah, sasambonews.com- Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan maka pembelajaran itu harus memiliki skenario yang baik, karena skenario merupakan salah satu diantara yang paling penting untuk kelancaran dalam proses pembelajaran. Dengan adanya skenario seorang pendidik akan lebih mudah melakukan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan. Sehingga pembelajaran akan lebih efektif. Demikian dikatakan Mujiman Fasda Guru BAIK Program INOVASI Kabupaten Lombok Tengah saat pelatihan atau work shop Guru BAIK di SDN Tampar Ampar Minggu 23/9.

Menurutnya, pengertian secara umum, skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai yang diinginkan sedangkan pembelajaran adalah proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru dan siswa saling bertukar informasi. 

Dengan demikian skenario pembelajaran adalah pengertian skenario pembelajaran merupakan urutan cerita yang disusun oleh seseorang guru agar suatu peristiwa pembelajaran terjadi sesuai dengan yang diinginkan.

Mujiman mengatakan, Materi WS 3 tentang pengembangan skenario pembelajaran terbagi dalam 5 sesi  diantaranya pertama, pengembangan skenario pembelajaran, Kedua, simulasi skenario pembelajaran, 
Ketiga perbaikan skenario pembelajaran.
Ke empat, pengembangan pertanyaan pembelajaran dan terakhir ke lima adalah rencana kegiatan  tindak lanjut. "Kita melihat guru guru sudah memahami tentang skenario pembelajaran itu, mereka langsung mempraktekkan dan sudah dapat difahami" jelasnya.

Terdapat beberapa langkah kerja dalam menyiapkan skenario pembelajaran, diantaranya Pelajari LKS (Lembar Kerja Soal) yang akan digunakan oleh siswa guna mengetahui materi apa yang akan dipelajari dan dengan cara bagaimana guru akan memfasilitasi peserta didik, Tentukan waktu, peralatan atau alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran, Tulis langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang direncanakan dan lain sebagainya.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WS 3 Guru BAIK, Ajarkan Guru Buat Skenario Pembelajaran Yang Baik"

Post a Comment