sasamboku

sasamboku

Presiden Jokowi Didemo Korban Gempa Lombok

Lombok Tengah, sasambonews.com- Ratusan orang yang mengaku korban gempa Lombok Tengah melakukan aksi demo menuntut janji Presiden Jokowi untuk segera menuntaskan rumah hunian sementara yang dijanjikan. "Kami meminta pak Jokowi merealisasikan janjinya untuk membangunkan rumah Huntara, sementara hujan sudah mulai turun" kata Munawir Haris Koordinator Aksi di depan Gedung DPRD Lombok Tengah.

Munawir mengatakan Korban gempa sangat menderita mengingat hujan sudah turun sementara mereka tinggal di tengah sawah dengan atap terpal sementara Huntara yang diharapkan tak kunjung datang. "Katanya baru 600 unit saja sementara masih ada ribuan orang belum memiliki tempat tinggal sementara" ungkapnya.

Selain itu sejumlah tuntutan disuarakan warga dari Aliansi Masyarkat Peduli Gempa dan Indonedia Bangkit  bersama perwakilan masyarakat dan pemerintah Desa dari kecamatan Batukliang  dan kecamatan Batukliang Utara itu antara lain menuntut, Pembatalan kontrak dengan PT Pilar Garuda dan pengembalian uang muka yang sudah diterima pihak Perusahaan. Menolak Risa dan meminta pendampingan dari Dinas PU untuk kontruksi Riko. Meminta data korban gempa di buka dan di publikasi agar semua masyarakat mengetahuinya dan menuntut realisasi janji Bupati untuk Huntara korban gempa.

Munawir di depan kantor DPRD Loteng, mendesak kepada Dewan agar secepatnya membantu mempercepat proses pembangunan rumah korban gempa diwilayah kecamatan Batukliang dan kec Batukliang Utara. Saat ini kata Munawir musim hujan sudah tiba dan masyarakat korban gempa masih tinggal di tenda darurat. Warga datang menuntut janji Jokowi yang akan mempercepat progres bantuan korban gempa. "Masyarakat datang hanya untuk menuntut hak hak warga sesuai dengan undang undang.

Sudah 3 bulan warga korban gempa tinggal di tenda darurat.  pemda baru membangun huntara sebanyak 600 unit, sementara korban gempa ribuan. Undang-undang no 24 tahun 2007 menyatakan bahwa pemerintah wajib memberikan sandang papan dan pangan kepada masyarakat" tegasnya.

Awalnya masa hanya berorasi di depan Kantor DPRD Lombok Tengah. Mereka tertahan oleh blokade aparat Kepolisian dipimpin Wakapolres Lombok Tengah.

Hadir Agus Kusuma Hadi, Kades Selebung Kecamatan Batukliang ditengah tengah kerumunan masa. Agus ikut melakukan lobi agar masa dibiarkan masuk ke dalam halaman Kantor DPRD. Selanjutnya sejumlah perwakilan masa ditemui Ketua DPRD Lombok Tengah H.Ahmad Fuadi dan sejumlah anggota dewan. Hadir pula Asisten I HL.M.Amin,  Kepala Dinas Perkim L.Firman Wijaya dan Kepala BPBD H.Muhamad.

Ketua DPRD Loteng, H Fuaddi, mengatakan bahwa  pihaknya bersama 50 orang anggota DPRD Loteng, tetap komit membantu masyarakat korban gempa. Namun hal itu tetap harus mengacu kepada aturan dan mekanisme yang berlaku. Terkait tuntutan pembatalan kontrak kerja dengan PT Garuda, Dewan akan mempertimbangkan dan akan kordinasi dengan dinas terkait. Untuk dana bantuan korban gempa adalah wewenang pemerintah pusat, pemkab sebagai pendampingan. Namun demikian Dewan dan Pemkab tetap akan memperjuangkan tuntutan warga korban gempa.  Tahun 2019 pemkab sudah menganggarkan Rp.5,6 milyar untuk membantu membangun Huntara. Pelaksana adalah dinas tekhnis terkait.

Ketua BPBD Kabupaten Loteng, H Muhammad, mengatakan bahwa progres penanganan pasca gempa bumi khusus pembangunan huntara dan hunian permanen diwilayah gempa sudah mulai berjalan.

Muhamad membeberkan Progres bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat di Kabupaten Lombok Tengah diantaranya Transfer pertama  Dana sejumlah Rp.39.950.000.000, utk 799 Rumah Rusak Berat Rp 50 juta/rumah. Rekning Pokmas yang sudah terisi uang 43 pokmas. Namun yang sudah dicairkan 3 pokmas untuk pembangunan pondasi.

"Pondasi ada tinggal menunggu panel RISHA dari Aplikator dan 15 pokmas ( 164 anggota) sudah kontrak dengan aplikator PT. PILAR GARUDA BIMA  tanggal 15 Oktober 2018" jelasnya.

Selanjutnya Transfer II. Dananya sejumlah Rp. 22.770.000.000, utk 910 rumah Rusak Berat Rp.25 juta / rumah.  Yang sudah didebet/dipindah bukukan ke rekening buku tabungan masyarakat 285. Sisa 625 sedang dalam proses. Ini akan segera dibentuk pokmas di masing masing Desa.
Jadi jumlah rumah RB dan Dana semuanya 799 +910 = 1.709 unit rumah, dana semuanya 39.950.000.000+22.770.000.000 = Rp. 62.720.000.000.

Sementara Huntara yang dibangun Pemda 285 unit. MDMC (Muhamadiyah) 27 unit dan 1 rumah keong dari rencana Huntara 100 rumah keong.11 masih menunggu validasi data BPBD.

Terkait perusahaan yang mengerjakan rumah Risha, pihaknya akan memanggil pihak kontraktor/rekanan untuk klarifikasi terkait keluhan warga tersebut.

Seusai berdialog, masa membubarkan diri dengan tertib. Am







Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Presiden Jokowi Didemo Korban Gempa Lombok "

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK RISKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    ReplyDelete