BMKG : Gempa 8,5 M Dan Tsunami Ancam Pesisir Selatan Lombok

Mataram, sasambonews - Pesisir Lombok Selatan diantaranya Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur serta sebagian Mataram diprediksi bakal luluh lantah oleh gempa. 

Dari hasil simulasi dan pemodelan tsunami (Tsunami Modeling) yang di lakukan oleh BMKG di wilayah perairan Selatan Lombok di prediksi, wilayah ini menyimpan gempa megatrust dengan kekuatan mencapai 8,5 Magnitudo dan menyebabkan tsunami ketinggian dipantai 5-7 meter dengan inundasi / jangkauan kedarat sampai 2-3km

Kepala BMKG Mataram Agus Riyanto menjelaskan, dari hasil simulasi dan pemodelan tsunami wilayah yang terkena imbas tsunami berada di sejumlah daerah pesisir di Lombok Tengah, Lombok Barat dan Mataram. Namun untuk wilayah Mataram imbas tsunami  mencapai 2 kilometer.

"Kita melakukan simulasi dan pemodelan gempa dan tsunami (Tsunami Modeling) wilayah Selatan Lombok dan kita prediksi wilayah ini menyimpan potensi sekitar 8,5 M, tetapi kapan waktunya tidak ada yang tahu bahkan teknologi secanggih apapun tidak bisa memprediksi dan mengetahui kapan akan terjadi gempanya," papar Agus.

Agus menghimbau pemerintah untuk memberikan edukasi mitigasi bencana secara menyeluruh ke masyarakat. Selain edukasi mitigasi bencana, masyarakat juga di himbau untuk membangun rumah yang tahan gempa. cr05


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BMKG : Gempa 8,5 M Dan Tsunami Ancam Pesisir Selatan Lombok"

Post a Comment