Mengkhawatirkan, Baru Awal Kemarau, Mata Air Menyusut Drastis, Hematlah..!

 Lombok Tengah, sasambonews.com- Kemarau adalah kata yang amat menakutkan ditelinga masyarakat, lantaran pada musim ini sumber sumber mata air mulai menyusut bahkan mengering, tanah mulai menganga kehausan sementara ilalang mati dan pepohonan mulai tak berdaun. Kondisi ini diperparah lagi dengan sulitnya air bersih ke rumah rumah penduduk baik air sumur maupun air bersih dari pipa PDAM.

Di mana mana konsumen ataupun masyarakat pelanggan 53.200 ribu, lebih berteriak akibat distribusi air mulai tersendat. Tidak hanya sekedar tersendat saja bahkan ada yang total tidak bisa terlayani air bersih. Kondisi ini membuat pihak PDAM Kabupaten Lombok Tengah ketar ketir sebab pelayanan harus tetap diberikan meskipun tidak normal.

Untuk membuktikan bahwa sumber mata air mulai menyusut, jajaran direksi yakni DIrektur Umum PDAM Tirta Ardhia Rinjani Kabupaten Lombok Tengah H.Nursahim SH mengajak wartawan untuk sekedar membuktikan bahwa kondisi itu memang benar adanya dengan harapan masyarakat dapat memakluminya.

Jarak tempuh dari Kota Praya menuju satu lokasi sumber mata air rata rata berkisar antara 35 sampai 50 kilo dari pusat Kota. Jalan yang dilalui juga tidaklah smulus yang dibayangkan, harus melalui jalan setapak dan terjal serta menurun dengan tingkat kecuraman yang membahayakan bagi keselamatan pejalan kaki. Pertama rombongan menuju Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara. Ditempat ini terdapat satu sumber mata air yang selama ini digunakan oleh konsumen di wilayah Batukliang, Kopang, Janapria dan sebagian kecamatan lain yakni Aik Bone. Lokasinya memang tak terlalu jauh sebab bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. DItempat ini kapasitas debit normalnya adalah 70 liter perdetik, namun sekarang sudah menurun drastis sekitar 35 liter perdetik sehingga tersisa hanya 35 liter perdetik saja dan diperkirakan debit akan terus menurun seiring dengan berjalannya musim kemarau ini sampai pada akhir puncak kemarau pada september 2019 mendatang. “Ini baru awal musim kemarau, belum pada puncaknya nanti” kata Sahim.
Hal yang sama diungkapkan Direktur Tekhnik PDAM Sukemi Adiantara SH. Menurutnya rata rata penurunan sumber mata air berkisar antara 25-35 liter kubik. Sementara pihaknya belum memiliki solusi antisipatif untuk mengantisipasi jika terjadi penurunan debit. “Kita tidak ada solusi untuk mencari sumber lain,s ebab sangat sulit, hanya kita oftimalkan pelayanan saja dengan cara digilir” kata Sukemi.

Dia mengatakan di sumber mata air Aik Bone sendiri kapasitas pasangnya 70 liter pedertik dan sudah menyusut sampai 45 liter pedetik. Mata air ini melayani Kecamatan, Batukliang, Kopang dan Janapria sebagian. Ditempat ini Bak Penampungan yang semula penuh menyusut dua tangga dan jika dihitung diperkirakan 25 liter pedetik yang menghilang. Kemudian sumber mata air Tibu Nangklok Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara. Ditempat ini ada tiga Outlet pelayanan yakni Tibungangklok satu dengan kapasitas terpasang 50 liter perdetik yang melayani Kecamatan Kopang dan Janapria. Tibunangklok dua atau outlet dua kapasitas terpasang sebesar 110 liter perdetik ke wilayah batukliang, Praya, Jonggat, Praya Barat. Dan Outlet yang ketiga adalah untuk mensuplai sumber mata air Tiwu Lempanas, yang mengarah ke Praya Tengah. “Kalau kondisi norma juga bisa melayani Kecamatan Pratim dan Kecamatan Pujut” jelasnya. 

Selanjutnya kata Kemi, sumber mata air Sesere Ds Aik Brik Kecamatan Batukliang Utara kapasitas terpasangnya sekitar 200 liter pedetik sementara yang dimanfaatkan 80  liter perdetik. Untuk wilayah distribusi BKU, Janapria, Pratim, dan sebagian Kopang. Sumber mata air Benang Stokel 60 liter perdetik kapasitas terpasang untuk suplai wilayah Batukliang dan Pringgarata  “Saat ini hanya tersisa 45 liter pedetik saja” ungkapnya. 
Selanjutnya Dam Batujai 141 liter per detik pada kondisi maksimal, namun sekarang turun menjadi 40 liter perdetik untuk melayani Praya Barat, Praya Barat Daya dan Pujut.”Pada musim kering dan satu pemanfaatan untuk pertanian mengakibatkan distribusi ke konsumen juga menjadi tersendat sendat” ujarnya.

Jika ditotal rata rata penurunan seluruh sumber mata air diperkirakan dari  25 sampai 35 %. Menurunya debit mata air disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor alam seperti ilegal loging dan juga faktor gempa bumi yang menutup rembesan air melalui celah celah bebatuan ataupun akar pohon.  “Sekali gempa berapa sumber kita tertutup seperti halnya di Nyeredep dimana sumber kita tidak bisa digunakan sama sekali karena airnya tiba tiba menghilang, jadi sumbernya tertutup akibat gempa” jelasnya.

Menurutnya pada posisi puncak kemarau September nanti, debit air  bisa sampai 50 liter perdetik penyusutannya jika sudah demikian maka wajib ada sistim gilir termasuk wilayah yang selama musim hujan terlayani dengan normal. “Kalau sudah 50 % penyusutannya maka wajib kita gilir total saat itu” ujarnya. 

 Untuk itu pihaknya terus mensiasati agar bagaimana pelayanan tetap berjalan meskipun nanti akan digilir. “Kita siasati agar pukul rata untuk yang terdampak besar. Kita sedang susun DED untuk maksimalkan Tiwu Lempanas. Kita sedang kajian teknis utk evaluasi untuk sumber mata air tingkat kualitasnya” jelasnya.

Dia menghimbau kepada pelanggan untuk mulai berhemat dengan cara mematikan kran air dan tidak membiarkan adanya kebocoran serta memanffaatkan air seperlunya saja. Amril






Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Mengkhawatirkan, Baru Awal Kemarau, Mata Air Menyusut Drastis, Hematlah..!"

  1. Untuk bukti pencairan W / A: +6281617538564
    Nama ******* Neni Syahir
    kota: ******** Bandung
    jumlah pinjaman: ****** Rp5,5 miliar
    suku bunga: ******* 1%
    @Twitter ikuti sekarang: *********** @AasimahaLoan

    Saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. Saya tidak tahan lagi. 4 November 2019, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI PERUSAHAAN PINJAMAN, yang akhirnya membantu saya dengan pinjaman besar untuk membayar hutang bank saya. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu-ibu Muslim yang memberikan perusahaan pinjaman besar milik sendiri, pemilik pabrik dan individu pribadi untuk meningkatkan kehidupan dan bisnis mereka. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia. Jika Anda menginginkan pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka. Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammer di blog ini yang tidak memiliki situs web di Google map. perusahaan pinjaman resmi AASIMAHA ADILA AHMED LOAN memberi saya pinjaman Rp5,5 miliar dengan tingkat bunga sangat rendah untuk 1% seiring pinjaman jangka panjang dengan persetujuan cepat dan pencairan darurat. Jika Anda menginginkan kapita investasi yang besar dan Anda ingin membayar hutang Anda, segera terapkan dan berbahagia seperti banyak orang di sini.
                                          Batas aplikasi di bawah ini

    E-mail: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: ************ + 447723553516
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com

    ReplyDelete
  2. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    ReplyDelete
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Are you having any difficulties or looking for a reliable financial instrument lender? seek no further,we are certified Financial Instrument providers in United Kingdom.

    We are direct providers of Fresh Cut BG, SBLC and MTN which are specifically for lease, our bank instrument can be engage in PPP Trading, Discounting, signature project (s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges, Real Estate and all kind of projects.

    Fresh Cut BG/SBLC Lease Price: 4% + 2%
    Fresh Cut BG/SBLC Purchase Price: 32% + 2%

    Should you find this interesting and acceptable? Kindly, contact us and we shall review and respond with draft Contract/MOU within 48hrs maximum.

    Please request for full procedure details if interested.

    For further inquiry contact:

    E-mail : info.relablemandate@gmail.com

    Name :Oscar theodore

    ReplyDelete
  5. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    ReplyDelete