Rakerda dan Pelantikan Sukses, Gubernur Apresiasi JMSI NTB

 Lombok Utara, SN - Pelantikan dan Rakerda I Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) oleh JMSI pusat berjalan sukses. Gubernur NTB membuka secara resmi Rakerda I JMSI NTB di Medan Bay Marina Hotel Kabupaten Lombok Utara Jumat-Sabtu 27-28/11.

Ketua JMSI NTB Boy Mashudi mengatakan JMSI hadir untuk NTB gemilang, NTB tanpa hoax, 

JMSI hadir sebagai media penyeimbang. Pers harus diajak musyawarah, diajak diskusi untuk ikut dalam proses pembangunan. Jangan dipandang sebelah mata. JMSI Berdiri Maret 2020. Anggota nya 17 media. "Anggota JMSI adalah orang orang Seniori. Mereka adalah Pendiri media sehingga Integritasnya tak diragukan lagi" jelasnya.



JMSI kata Boy bertekad untuk menyongsong kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat di Provinsi NTB. 


Sekda KLU Drs. L.M.Nurjati menegaskan Kabupaten Lombok Utara dua kali dapat musibah. Yang pertama Bencana Gempa Bumi dan Covid19. Akibatnya masyarakat di KLU sangat sulit. Ekonomi sedikit terpuruk, kemiskinan pun ikut terpuruk. Namun demikian Pemda tak patah arang, Pemda mulai berbenah. Semua fasilitas umum di benahi. Hanya 4 Kantor yang masih utuh, sisanya hancur. Tadinya mau bangun Kantor Bupati tertunda akibat Covid 19. Minimal tahun depan bersama kantor DPRD ikut terbangun. 

"Mari kerjasama yang baik dalam rangka memberikan informasi yang menarik dan baik guna menangani Covid 19 ini" ungkapnya. 


Awalnya kata Sekda masyarakat sangat disiplin, sampai sampai di masjid pakai masker. Namun sekarang tidak ada kecuali di jalan raya, sebab Pemda melakukan penertiban. Oleh karena itu pemda memohon kerjasama nya dalam memperingatkan kepada masyarakat. Saat ini kit zona hijau sehingga kunjungan mulai ramai. 


Dalam pelaksanaan praktek pemerintahan di KLU selama ini terjalin hubungan baik dan positif namun ada saja media yang sedikit mengacaukan di masyarakat sehingga masyarakat sedikit bingung akibat informasi yang tak berimbang.


Terutama dalam pemilu kada, banyak beredar berita hoak. Ini berdampak ke Pemda. Contoh kasus Jatah Hidup (jadup) akibat gempa, ini jadi trend dimana pemerintah pusat sering janji namun tak realisasi sehingga Pemda jadi sasaran sampai sampai didemo. Ini dimainkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab sehingga Pemda jadi korban. 


Disamping itu kata Sekda banyak juga akun akun palsu sehingga merugi kan masyarakat dan pemerintah daerah  termasuk juga ujaran kebencian yang ditujukan kepada Pemda dan DPRD.

"Kami berharap bisa ditekan akun palsu itu" ujarnya.


Sekjen JMSI Pusat Mahmud Marhaba mengatakan JMSI adalah organisasi yang baru meskipun JMSI paling muda namun paling cepat eksis. "Kami dilantik tanggal 25 November 2020 oleh Ketua MPR.

Sudah daftarkan anggota ke dewan pers 400 media. "Kami Salut dan hormat atas JMSI NTB" ungkapnya. 


Sekjen menegaskan pihaknya akan segera lakukan verifikasi faktual. Ada 400 media yang  berbadan hukum. Yang hadir disini adalah pemilik media dan direktur. 44 ribu media siber yang ada baru 2900 yang terdaftar di Dewan Pers. "Kita berharap anggota JMSI adalah wartawan yang profesional sebab diisi oleh orang orang hebat" ungkapnya.


Sementara itu Kabiro Humas Provinsi NTB Najamuddin Ami, MM mewakili Gubernur NTB menyatakan selamat atas dilantiknya pengurus JMSI NTB. Pemprov dan Media adalah sama sama pilar pembangunan. Untuk itu kerjasama mutlak dilakukan. 

Karo Humas berharap JMSI menjadi jembatan informasi yang positif bagi masyarakat. "Sebarkanlah informasi tentang pembangunan di provinsi NTB kepada masyarakat, jangan sebarkan berita hoax" ungkapnya.


Terkait dengan Tema Rakerda Memperkuat Spektrum Jaringan Media Siber yang berkesinambungan, Karo Humas menegaskan kalau diartikan kata Spektrum maka spektrum artinya tak terbatas. Dalam arti bahwa media dalam menyampaikan informasi tidak terbatas disegala sektor pembangunan. Oleh karena itu sampaikan informasi secara menyeluruh kepada masyarakat tentang pembangunan yang dilakukan oleh Pemda. 


Dia berharap agar JMSI hadir sebagai media penyeimbangan dalam rangka membangun daerah. "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Rakerda I Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia JMSI Provinsi NTB kami nyatakan dibuka" ungkapnya. Klu01




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rakerda dan Pelantikan Sukses, Gubernur Apresiasi JMSI NTB"

Post a Comment