KEK Ditanami Pohon Anti Musim Kering Asal Benua Afrika

Lombok Tengah, SN – Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP bersama PT ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation)  melaksanakan penanaman bibit pohon Baoba di Kawasan Ekonomi Khusus Kuta Mandalika Lombok, Selasa (02/02/2021). Sejumlah pohon baobab itu merupakan pemberian dari pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai bentuk perhatiannya di wilayah Lombok.

Dalam serangkaian pelaksanaan itu, Komandan Kodim 1620/Loteng  Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan sangat berterimakasih kepada bapak Pangdam IX/Udayana yang telah memberikan bantuan sebagai wujud perhatiannya di wilayah Lombok, juga mengapresiasi penanaman bibit yang dilakukan. Karena, bisa mengurangi abrasi air laut dan kerusakan lingkungan serta melindungi habitat di sekitar pesisir pantai.


"Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami pagi hari ini dalam acara penanaman pohon baobab yang merupakan pohon bantuan dari pangdam IX/Udayana ini," ucapnya.

Pohon Baobab atau  Adansonia digitata ini merupakan salahsatu koleksi tanaman yang berasal dari wilayah benua Afrika.  Di habitat aslinya, baobab mampu bertahan hidup lebih dari 6 bulan dalam kondisi curah hujan yang minim, dan dapat bertahan hidup selama ribuan tahun, oleh karenanya masyarakat lokal Afrika menyebutnya sebagai pohon kehidupan dan keabadian.

Selain itu Dandim juga menyampaikan pihak nya telah melakukan penanaman pohon jenis lainnya di berbagai tempat.

"Kita juga sudah melakukan penanaman pohon di beberapa tempat di kawasan mandalika di antaranya di bukit prabu dan tempat tempat lain," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama menjaga, merawat serta memelihara Lingkungan hidup dengan tidak menebang Pohon Sembarangan.

"Untuk itu mari kita bersama sama menjaga merawat serta memelihara Lingkungan Hidup, jangan menebang pohon sembarangan, terutama pohon baobab ini perlu kita jaga bersama, dengan harapan agar bisa bermanfaat di kemudian hari nanti," tegasnya.

Di tambahkan oleh Manager ITDC Bram Subiandoro yang juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pimpinan TNI dalam hal ini kepada bapak Pangdam IX/Udayana yang telah memberikan bantuan berupa pohon baobad sebanyak 4 pohon, juga kepada Dandim yang telah bekerjasama dalam kegiatan penanaman pohon baobab tersebut.

"Terima kasih kepada semua pihak, mari kita jaga sama-sama kawasan ini agar tetap Indah dan banyak wisatawan yang berkunjung," tutupnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEK Ditanami Pohon Anti Musim Kering Asal Benua Afrika"

Post a Comment