24 C
en

Desa Lantan Optimis Raih Juara Nasional Lomba Desa Pangan Aman

Lombok Tengah, SN - Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara mewakili Provinsi NTB tingkat nasional pada Lomba Desa Pangan Aman. Tim Verifikator Kamis 4/6 melakukan penilaian terhadap desa berpenduduk 6664 jiwa itu.

Bupati Lombok Tengah H.L.Pathul Bahri beserta jajarannya menyambut kedatangan tim tersebut.

Bupati mengatakan ketersediaan pangan di Kabupaten Lombok Tengah sangat banyak dan siap dikonsumsi oleh tamu tamu mancanegara dan masyarakat Lombok Tengah berapapun jumlahnya. 

Luas lahan pertanian di Kabupaten Lombok Tengah lebih dari 50 ribu hektar sehingga dengan luas lahan tersebut akan mampu melayani kebutuhan pangan bagi masyarakat. Pemerintah daerah saat ini tengah menggalakkan penggunaan non pestisida agar hasil dari tanaman tersebut alami.

"Kami tidak ingin melihat insektisida berkembang, pupuk alami dikembangkan agar tanaman hasilnya alami. Kesehatan diutamakan, siapapun yang konsumsi makanan di Lombok Tengah menjadi aman" kata Bupati. 

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Verifikator yang telah mempercayakan Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah, NTB sebagai desa yang mewakili Provinsi NTB pada lomba desa pangan aman tingkat nasional.


Kades Lantan Kecamatan Batukliang Utara Erwandi mengatakan Desa Lantan akan menjadi salah satu desa destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Luas desa ini 1425 meter persegi. Jumlah Kepala Keluarga sebanyak 2023 dengan jumlah penduduk 6664 jiwa yang tersebar di 10 Dusun. Dari dusun yang ada terdapat dusun dusun yang memiliki destinasi. "Ada 9 air terjun. Tahun 2020 secara matang dan maksimal mengelola destinasi tersebut" ungkapnya. 

Terhadap konsumsi pangan aman pihak BPOM sudah melakukan Pembinaan sejak tahun 2020 dan sekarang masyarakat sudah faham terhadap makanan yang sehat. "Contohnya awalnya masyarakat tidak tahu dengan Borak namun sekarang sudah faham akan bahayanya borak tersebut" jelasnya. 



Sebagai desa wisata maka tentu akan  suguhkan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Untuk pendampingan maka dibentuklah kader ketahan pangan menjadi 60 an orang, awalnya 9 orang hal itu dimaksudkan agar dapat memberikan bimbingan dan masukkan kepada masyarakat akan makanan sehat dan layak dikonsumsi. 

Sementara itu Ketua Tim Verifikator Lomba Dra. Diah Sulistiorini mengatkan tim verifikator bertiga terdiri dari BPOM dan dari Ketahanan Pangan. Ketahanan pangan tanggung jawab  semua mulai dari ditanam, produksi dipasarkan hingga ke meja makan mamun harus dipastikan aman. Pangan adalah kebutuhan yang paling utama. 



Pangan dihajatkan untuk menuntaskan generasi penerus bangsa yang kuat untuk itu harus diselesaikan juga masalah makanannya. 

Masalah Keamanan Pangan bukan masalah Administrasi saja melainkan masalah sosial karena itu harus dijamin aman. Karena itu kader pangan sangat penting dalam merekayasa sosial. 

Desa merupakan satu miniature wilayah yang akan membesar dan jadi pilot projek didesanya. Badan POM 2014-2020 mengintervensi pangan seluruh provinsi dan telah membentuk kader 11 ribu kader. Kabupaten Lombok Tengah itu ada satu desa yang menjadi nominator nasional. Di Kabupaten Lombok Tengah it terdapat di dalamnya Kuta Mandalika akan menjadi inspirator bagi 9 destinasi wisata lainnya bagaimana pengelolaan wisata itu bisa di lakukan dengan manajemen yang baik apalagi makanan halal dan sehingga ini harus dijaga.  "Kalau ada sakit perut, ya pasti juga akan membawa masalah apalagi sekarang ini di era digital hanya semenit l langsung tersebar ke seluruh dunia dan yang terkenal tidak hanya Kuta Mandalika tapi yang terkena juga seluruh wilayah NTB apalagi kalau sudah bayar digoreng sekarang kan istilahnya menggoreng menggoreng tak hanya bintang tapi juga bisa nama Indonesia yang terkenal karena itu sangat penting kita benar-benar membina keamanan pangan ini bermula dari Desa.

Kepada perangkat dan komunitas desa yang telah aktif dan konsisten dalam meningkatkan keamanan pangan wilayahnya secara rutin telah diberikan penghargaan Desa pangan aman oleh Badan POM kepada desa atau kelurahan yang telah memiliki komitmen dan peran aktif dalam mewujudkan keamanan pangan dari dan bagi masyarakat desa sekaligus membentuk Desa pangan. 

"Kami sudah bertemu Bapak Gubernur beserta ibu Gubernur dan menyampaikan maksud kedatangan kami dan Bapak Gubernur juga sangat mengapresiasi dan berharap bahwa kegiatan ini juga bisa cemerlang gitu ya tidak hanya saat verifikasi ini saja tapi juga sepanjang hayat" ujarnya.

Sekali lagi desa sudah ditetapkan sebagai nominator Desa pangan aman walaupun hasilnya tidak diketahui. "entah ya Pak ya kita lihat saja nanti karena kami masih harus melakukan rapat paripurna di antara tim juri tapi kita doakan yang terbaik saja" ungkapnya. Lth01

Older Posts
Newer Posts

2 comments

  1. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammers dan penipu, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam upaya asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Anugerah, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkannya. Pinjaman online, kami meresmikan kami tentang masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs ELINA JOHNSON yang merupakan CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Maka saya dan suami mengajukan aplikasi untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak menjaga usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Tidak hanya sampai di situ, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda dalam berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa semoga ALLAH memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com nice day info lebih lanjut..

    ReplyDelete
Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4