Cagub Masih Andalkan Karisma


MATARAM,sasambonews.com, Pengamat Politik dan sekaligus Sekertaris Jurusan Politik Islam UIN Mataram Agus,M.Si kemarin mengungkapkan kepada media ini melalui pesan WhatsApp pribadinya ,bahwa dari dua pengalaman pemilukada NTB ditahun 2008 dan 2013 simbol agama dan karismatik kandidat akan menjadi faktor penting dalam pilkada 2018 mendatang." Dari dua pengalaman Pilkada itu saya melihat peran simbol agama dan kharismatik kandidat masih menjadi faktor penting dalam pimilukada 2018 mendatang,"pungkasnya.

Dijelaskannya ,bahwa realitas politik pemilukada NTB dalam 2 kali pemilihan tahun 2008 dan tahun 2013 memperlihatkan 3 kekuatan politik dominan, yakni kekuatan birokrat, kekuatan partai politik dan kekuatan ormas agama. 

Sementara itu, Pada pemilukada tahun 2008 TGB M.Zainul Majdi mendapatkan kekuatan politik dari peran simbol-simbol agama dan dilengkapi oleh kharismatik yang dimiliki TGB. Pada pilgub 2013 ada 2 kandidat yang menggunakan simbol agama yaitu TGB dan KH Zulkipli Muhadli. "Dan hasil pemilu memperlihatkan pada pilkada 2008  TGB memperoleh suara 38,85 persen. Pada pilkada 2013 TGB memperoleh suara 44,36 persen dan KH Zul 26,50 persen,"ungkapnya yang juga pernah menjadi Komisioner KPU NTB ini sebelum memilih bergelut di dunia Akademisi.

Selain itu ,menurut Agus kalau dilihat dari teori politik ada dua hal yang menjadi sumber kekuasaan dalam politik."Secara teori ada dua sumber kekuasaan politik yaitu position power dan personal power. Jika menggunakan sumber pertama sebagai alat analisis, maka Ahyar dan Suhaili dipandang sebagai kandidat kuat karena keduanya sama-sama dalam posisi berkuasa di pemerintahan,"terangnya.

Sementara lain hal apabila teori kedua dijadikan ukuran maka kandidat nanti hari bisa menyamai karisma dari TGB sendiri."Jika menggunakan alat analisis kedua, maka kita sedang menunggu siapa kandidat yang memiliki kharismatik seperti personal power yang dimiliki TGB,"terangnya.Ipr



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cagub Masih Andalkan Karisma"

Post a Comment