sasamboku

sasamboku

SETARA- INOVASI Latih Guru Gunakan Media Pembelajaran Big Book

Lombok Tengah,sasambonews.comSalah satu upaya untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton adalah dengan penggunaan  media Big Book. Media big book membantu guru dalam menyampaikan materi yang disampaikan, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi tersebut. jadi  media big book adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan pada siswa berupa buku anak yang berukuran besar dan digunakan untuk tujuan  agar membaca da menulis permulaan dapat tercapai.
Dengan menariknya gambar yang disajikan anak akan  termotivasi dalam pembelajaran yang dilakukan, media bigbook dapat dibuat sendiri oleh guru dan sangat cocok untuk diterapkan di kelas rendah.

Menurut Fasda SETARA Program INOVASI H.Ahmad Mujahidin yang ditemui di lokasi pelatihan SETARA bagi guru guru SD di Kantor UPT Pendidikan Dasar dan PAUD Kecamatan Batukliang mengatakan, Big Books merupakan salah satu media yang disenangi anak-anak dan dapat dibuat sendiri oleh guru. Buku berukuran besar ini biasanya digunakan untuk anak kelas rendah. Di dalamnya berisi cerita singkat dengan tulisan besar diberi gambar yang warnawarni. Anak bisa membaca sendiri atau mendengarkan ceritanya dari guru.
Dia menambahkan media big book ini bermanfaat sekali untuk pembelajaran terutama pembelajaran awal seperti kelas 1, 2 dan kelas 3. Big Book ini katanya sangat membantu siswa terutama dalam kemampuan membacanya meskipun secara pelan. "Anak anak yang dahulunya kesulitan untuk membaca, maka sedikit demi sedikit anak anak akan bisa membaca atau lancar membaca dengan menggunakan media big book ini" katanya Big Book kata Mujahidin tidak hanya sebagai media pembelajaran yang efektif dan esfisien dalam rangka mempercepat kemampuan membaca anak akan tetapi juga big book ini memiliki konsep yang berkaitan dengan apa yang menjadi tema dalam pembelajaran dikelasnya itu. Jadi tema tema yang ada di media pembelajaran di kelas itu tercover dalam buku besar ini sehingga yang tadinya anak anak itu bosan dan jenuh karena terlalu panjang dan tulisannya kecil kecil maka dengan buku ini anak anak akan lebih happy atau gembira. "Dalam buku itu tidak hanya ditampilkan tulisan yang besar akan tetapi juga ada gambar gambar yang membikin anak anak senang dan betah menggunakan buku itu, konsepnya anak anak belajar sambil bermain, yang penting anak anak itu senang dan termotivasi untuk membaca dan belajar" ungkapnya.

Menurutnya ada beberapa keuntungan menggunakan big book. Big books berukuran besar sehingga, siswa dapat melihat gambar jalannya cerita dengan jelas, seperti saat mereka membaca buku sendri. Hal tersebut tentu akan menarik bagi siswa.  Big Books juga dapat membuat siswa menjadi lebih fokus terhadap bahan bacaan dan juga guru. Biasanya jika guru menggunakan buku biasa, siswa akan asyik bermain sendiri. Namun, dengan Big Books siswa akan tertarik dan mau mendengarkan cerita dari guru. Siswa akan lebih mengerti dan memahami isi cerita dalam Big Books daripada buku bacaan biasa karena kata-kata yang terdapat dalam Big Books merupakan kata-kata sederhana. Siswa dapat mengikuti setiap kata yang diucapkan oleh guru dan mengetahui bagaimana penulisannya, Big Books memfasilitasi siswa seakan-akan melihat langsung cerita yang dibacakan guru. Siswa dapat merasakan jalannya cerita, dan Big Books merupakan hal baru yang akan membuat siswa tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apa yang ada di dalamnya. Sehingga, siswa menjadi antusias dalam pembelajaran.

Lalu bagaimana tanggapan peserta pelatihan terhadap media pembelajaran Big Book itu ?, Menurut Hadijatusolihah Guru SDN Presak Kecamatan Batukliang, Big Books sangat baik untuk media pembelajaran bagi anak anak anak terutama anak anak yang kurang memiliki kemampuan dalam hal membaca. "yang kita dapatkan dari kegiatan pelatihan dengan materi big book ini adalah, kita dapat mengetahui cara mengajarkan anak anak agar cepat membaca, tulisannya besar besar sehingga anak anak lebih cepat membaca, alat alat bantunya juga lengkap sehingga anak anak lebih mudah memahami apa yang terkadung dalam big book itu" jelasnya.

Bagi guru sendiri menurut Hadijah, tidak akan mengalami kesulitan sebab media alat bantu juga cukup lengkap. Dia berharap program INOVASI terus memberikan pelatihan kepada guru guru terkait pola pembelajaran yang tepat dan baik dalam rangka mempercepat pengetahuan guru dalam mengajarkan anak anak dan juga mempercepat kemampuan anak anak dalam membaca.

Selain di UPT Dikdas dan Paud Batukliang, kegiatan ini juga dilaksanakan di Pujut dna juga di SDN Puyung. am






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " SETARA- INOVASI Latih Guru Gunakan Media Pembelajaran Big Book "

Post a Comment